Tanaman Untuk Mengatasi Masalah Lambung

Gangguan pada lambung seringkali merepotkan. Cepat sembuhnya namun gampang pula kambuhnya. Munculnya gejala gangguan pada lambung ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada perut dikarenakan meningkatnya asam lambung. Dan ternyata, ada beberapa tanaman yang sudah biasa dipakai masyarakat sebagai tips alami untuk mengatasi masalah lambung.
Berikut dibawah ini tanaman untuk mengatasi masalah lambung:

tanaman untuk mengatasi masalah lambung
tanaman untuk mengatasi masalah lambung
  • Kunyit: sejak tahun 1953, kunyit dikenal masyarakat sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan luka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung.
  • Cincau: Daun cincau mengandung bahan kimia berupa senyawa aktif premnazole dan Phenyl butazone yang mampu menurunkan aktivitas enzim sehingga secara tidak langsung asam lambung yang terbentuk pada cardia dalam dinding lambung juga menurun.
  • Madu Organik: ambil 1-2 sendok teh mentah madu organik. Madu organik secara langsung di mulut dapat meredakan ketidaknyamanan, menenangkan dan cepat atasi sakit maag yang menyakitkan. Madu organik juga tinggi kalium, madu membantu meningkatkan pencernaan dan membentuk sebuah lapisan alkali di dalam perut. Campur madu dengan cuka sari apel untuk membuat minuman yang dapat mengurangi gejala refluks asam lambung secara langsung. Satu sendok madu juga dapat membantu sebelum tidur atau pada malam hari jika terbangun oleh karena refluks asam lambung.
  • Apel merah: Makan sepotong apel sangat baik ketika mengalami gejala-gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Apel, khususnya jenis merah manis, dapat membantu untuk menciptakan sebuah lapisan basa dalam perut, mengurangi kecenderungan asam untuk kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan nyeri. Apel juga baik pada waktu tidur untuk mencegah dan mengobati asam lambung pada malam hari.
  • Temulawak (curcuma xanthoriza) berperan sebagai gastropretector (pelindung lambung). Senyawa kurkumin dari temulawak yang bersifat basa akan menetralisir kelebihan asam lambung sehingga mengurangi iritasi pada lambung juga meringankan gejala-gejala sakit maag yaitu mual, mulas, perih, kembung.
    Antanan: tumbuhan ini berkhasiat untuk memperkuat lambung dan menambah nafsu makan.

Itulah beberapa tanaman untuk mengatasi masalah lambung. Kunjungi juga pengobatan sakit asam lambung. Dan terimakasih anda telah berkunjung di situs kami. Salam sehat selalu ..

| Tanaman untuk mengatasi masalah lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *