Penyebab Dan Bahaya Berkeringat Berlebih Saat Tidur

Pernahkah Anda berkeringat saat tidur? bukan keringat biasa tapi berkeringat yang berlebih yang akan membuat tubuh menjadi lengket dan tidak nyaman.

Penyebab Berkeringat Berlebih Saat Tidur

keringat berlebih saat tidurBerkeringat saat tidur sering disebut dengan istilah sleeping hiperhidrosis. Seseorang yang sering berkeringat di malam hari atau saat tidur akan terus mengalaminya meskipun cuaca dingin sekalipun. Berkeringat saat tidur memang tidak akan mengganggu kualitas tidur. Namun, Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh Anda, sebab bisa saja Anda menderita penyakit atau gangguan kesehatan tertentu.

Jika Anda sering berkeringat saat tidur yang sudah berada pada taraf yang Anda anggap sudah parah maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Berikut beberapa jenis gangguan yang ditandai dengan adanya keringat berlebih saat tidur:

Idopathic Hiperdrosis

Adalah sebuah gangguan keringat berlebih pada seseoarang. Keluarnya keringat berlebih dari tubuh dalam jumlah yang banyak. Orang yang terserang gangguan ini akan berkeringat saat tidur meskipun sedang cuaca dingin. Kebanyakan orang yang mengalami hal ini di latarbelakangi oleh kondisi psikis atau stres.

Menopause

Menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi. Seiring dengan proses penuaan, semua wanita akan mengalami proses ini.

Fase alami tersebut disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh wanita. Menjelang akhir usia 30 tahun, kinerja ovarium akan menurun dan pada akhirnya berhenti memproduksi hormon reproduksi di kisaran usia 50 tahun.

Menopause ditandai dengan hot flashes. Hot flashes ini hadir di malam hari disertai dengan keringat berlebih. Kondisi yang menyebabkan munculnya gejala ini adalah stress. Oleh sebab itu Anda harus berusaha untuk menghindari keadaan stres.

Kadar Gula Darah Rendah

Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal. Zat gula didapat dari makanan yang kita cerna dan serap.

berkeringat berlebi saat tidur adalah salah satu gejala dari penyakit ini, selain itu hipoglikemia juga menimbulkan gejala pusing dan sakit kepala ketika bagaun tidur.

Kondisi neurologis (saraf)

Karingat dikontrol oleh saraf, jadi ketika seseoarang berkeringat berlebih saat tidur itu dapat merupakan tanda atau gejala dari adanya kelainan saraf atau neurologis. Penyakit seperti stroke dan autonomic neuropathy dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Terkena infeksi

Berkeringat saat tidur juga bisa disebabkan oleh infeksi penyakit tersentu. beberapa infeksi yang bisa menyebabkan keringat saat tidur ialah TBC, peradangan katup jantung, HIV, dan peradangan tulang.

Jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan viruspun bisa mnejadi salah satu penyebab dari keringat berlebih saat tidur.

Kelainan hormon

Beberapa kelainan hormon dapat menjadi alasan night sweating atau sleeping hiperhidrosis (keringat berlebih saat tidur). Pheochomocytoma, Hyperthyroidisim dan Carcinoid Syndrome adalah kelainan hormon yang dapat menyebabkan hal ini.

Beberapa kondisi kesehatan diatas bisa menjadi penyebab terjadinya keringat berlebih saat tidur, untuk itu bila Anda merasakan keringat yang keluar saattidur sudah semakin membuat Anda tidak nyaman dan merasa parah segeralah lakukan pemeriksaan. Setelah Anda mengetahui bagaimana kondisi serta apa penyebab Anda selalu berkeringat saat tidur Anda bisa segera melakukan pengobatan bila penyebabnya adalah salah satu masalah kesehatan seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *