Penyakit Hisprung Atau Megakolon Yang Harus Diketahui

Selamat datang kembali, nah kali ini kami akan memberikan informasi seputar penyakit hisprung atau megakolon. Mulai dari definisi, gejala dan penyababnya, akan kami jelaskan agar Anda bisa mengenal lebih jelas tentang penyakit tersebut. Apa Anda sudah tahu apa itu penyakit megakolon? jika belum simaklah artikel berikut ini.

Penyakit Megakolon merupakan kelainan bawaan yang sering terjadi di Indonesia dengan insiden satu dalam 5.000 kelahiran, sehingga diperkirakan akan terjadi 1.200 kasus setiap tahunnya. Kelainan terjadi karena terjadi penyempitan saluran usus besar yang mengakibatkan penderita kesulitan buang air besar.

Mari Mengenal Penyakit Hisprung Atau Megakolon

Penyakit Hisprung Atau Megakolon Megakolon adalah pelebaran atau pembesaran abnormal pada usus besar (kolon). Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh masalah pada saraf-saraf di bagian usus besar.

Saat Anda mengalami megakolon, kotoran yang ada di dalam usus besar tidak bisa bergerak menuju rektum dan dikeluarkan lewat anus. Akibatnya, akan terjadi penumpukan kotoran di dalam anus besar. Menurut jenisnya, megakolon dibagi menjadi tiga, yaitu megakolon akut, megakolon kronis, dan megakolon toksik.

Apa penyebab penyakit megakolon ini ?
Pada umumnya, megakolon terjadi atau muncul sebagai komplikasi dari penyakit radang usus. Penyakit inilah yang menyebabkan banyak masalah seperti pembengkakan, ititasi pada saluran pencernaan yang bisa menimbulkan kerusakan permanen pada usus.

Jika secara sepesifik, penyebab penyakit megakolon ini berbeda-beda menurut jenisnya. Pada penyakit megakolon toksik, yang menjadi penyebabnya adalah pengaruh dari penyakit radang usus sedangkan megakolon akut dan kronis mempunyai beberapa penyebab diantaranya Penyakit neurologis, Penyakit sistemik, dan beberapa kondisi seperti gangguan elektrolit, gangguan metabolik (hipotiroidisme dan hiperparatiroidisme), serta infeksi (kolitis pseudomembran, penyakit Chagas, dan disentri amoeba).

Gejala yang akan dirasakan oleh penderita megakolon

Pada umumnya penyakit megakolon ini akan menimbulkan gejala pada penderitanya. penderita megakolon akan mengalami gejala-gejala seperti perut kembung, mual, konstipasi parah, dan muncul rasa sakit pada perut bagian bawah. Namun secara lebih spesifik, gejala megakolon berbeda-beda setiap jenisnya. Jika penyakit megakolon tersebut sudaj akut maka akan muncul geja;a kesulitan saat buang air beasar atau saat membuang gas yang disertai dengan mual dan muntah.

Dan saat penderita mengalami megakolon kronis gejala yang munsul atau yang diarasakan ialah otot-otot yang berfungsi merapatkan anus lama kelamaan akan melemah akibat tekanan terus menerus dari tumpukan kotoran di dalam usus besar. yang berakibat penderita mengalami diare.

Nah, jika Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas sebaiknya segera temui dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Bila Anda positif terkena penyakit megakolon lakukanlah pengobatan sesegera mungkin agar megakolon tersebut tidak menjadi serius dan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *