Pemicu Nyeri Dada Akibat Naiknya Asam Lambung

Nyeri dada tidak hanya terjadi pada penderita serangan jantung. Kadang naiknya asam lambung atau refluks bisa menyebabkan nyeri dada. Hal ini dikarenakan, cairan lambung yang bersifat asam bisa menyebabkan rasa nyeri ketika asam lambung naik ke kerongkongan yang letaknya di sekitar rongga dada.

Berikut ini pemicu nyeri dada akibat naiknya asam lambung pada seseorang.

Pemicu Nyeri Dada Akibat Naiknya Asam Lambung

nyeri dada akibat asam lambungKopi

Baik yang mengandung kafein maupun yang decaffeinated, segala jenis kopi bisa memicu produksi asam lambung. Secangkir atau dua cangkir sehari biasanya tidak akan menyebabkan masalah. Namun, jika sudah terlalu banyak maka asam lambung bisa berbalik ke arah kerongkongan dan memicu nyeri dada.

Baca Juga: Obat Tukak Lambung Alami

Ngemil tengah malam

Dalam posisi duduk, gaya gravitasi akan makin memudahkan makanan untuk turun dari kerongkongan ke lambung. Kebiasaan langsung tidur setelah ngemil membuat efek gravitasi berkurang sehingga makanan di lambung bisa berbalik ke arah kerongkongan dengan membawa asam lambung.

Ikat pinggang terlalu kencang

Ahli jantung dari Cedars Sinai Heart Institute, Prediman Krishan Shah, MD mengatakan ikat pinggang yang terlalu ketat menyebabkan tekanan di perut meningkat. Tekanan ini memaksa katup yang membatasi lambung dengan kerongkongan bekerja lebih keras, sehingga bisa gagal mencegah naiknya asam lambung.

Perut Gemuk

Salah satu faktor risiko terbesar pada refluks asam lambung adalah kegemukan. Makin berat beban yang terpusat di perut, makin besar tekanan di daerah tersebut sehingga jalur pencernaan makanan menuju lambung lebih berisiko untuk berbalik arah.

Itulah beberapa jenis pemicu nyeri dada akibat naiknya asam lambung. Semoga bermanfaat

| Pemicu Nyeri Dada Akibat Naiknya Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *