Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Sistem Pencernaan Manusia

Pada dasarnya, semua makhluk hidup harus memenuhi kebutuhan energinya dengan cara mengkonsumsi makanan. Makanan tersebut kemudian diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi. Sebagai komponen penyusun sel dan jaringan tubuh dan nutrisi yang membantu fungsi fisiologis tubuh.

Pencernaan makanan merupakan proses mengubah makanan dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus, serta memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan menggunakan enzim dan organ-organ pencernaan. Enzim ini dihasilkan oleh organ-organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Zat makanan yang dicerna akan diserap oleh tubuh dalam bentuk yang lebih sederhana. Saluran pencernaan makanan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar dan mempersiapkannya untuk diserap oleh tubuh dengan jalan proses pencernaan (penguyahan, penelanan, dan pencampuran) dengan enzim zat cair yang terbentang mulai dari mulut sampai anus. Saluran pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ berturut-turut dimulai dari mulut (cavum oris), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus (intestinum), usus besar (colon), dan anus.

Tidak jarang, sistem pencernaan mengalami gangguan kesehatan, untuk mencegah itu terjadi. Segera kita cari tahu mengenai Nutrisi penting bagi kesehatan sistem pencernaan manusia.

Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Sistem Pencernaan Manusia

kaya nutrisi

  • Vitamin B12

adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi, pencernaan yang optimal, kesehtan otak dan mencegah gangguan kesehatan umum. B12 dapat membantu mengatur sistem tubuh anda bersama dengan meningkatkan suasana hati dan rasa kesejahteraan.

  • Probiotik

Membantu menjaga bakteri baik dan bakteri jahat keluar (seperti patogen dan bahkan parasit), sehingga anda tetap sehat dan bahagia. Ketika bakteri usus tidak seimbang dengan banyaknya bakteri jahat maka ada beberapa hal yang bisa terjadi seperti sistem kekebalan tubuh akan melemah, mengalami masalah pencernaan dan juga mengalami depresi. Serotonin, hormon yang membuat rasa bahagia, dibuat langsung di dalam usus atau setidaknya 95% dari itu. Tanpa bakteri cukup sehat, tidak mungkin cukup serotonin yang akan diproduksi. Pil KB, antibiotik dan bahkan pembersih kimia rumah tangga dapat mencegah tubuh dari memproduksi bakteri sehat sendiri, sehingga suplemen diperlukan bagi kebanyakan orang saat ini.

  • Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan mencerna setiap makanan yang anda makan lebih mudah pada sistem dan memastikan mereka berasimilasi dengan benar. Mereka dapat mencegah penyerapan gizi yang buruk

  • Magnesium

Magnesium sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan dalam tubuh, terutama untuk usus dan tingkat energi anda. Magnesium bahkan bisa membantu anda tidur. Untuk usus anda, magnesium membantu merileksasikan saluran penceraan anda yang sangat membantu bagi mereka yang menderita stress. Magnesium juga dapat membantu mengembalikan gerakan alami untuk perut adan yang mengatur pencernaan.

  • Vitamin D

Bertindak seperti hormon dalam tubuh dan sudah terbukti bagus untuk mencegah depresi, mengobati penyakit Crohn dan bahkan mencegah kanker usus besar. Vitamin D terbaik diproduksi oleh matahari, tetapi jika anda tidak pergi keluar ruangan sercara teratur atau tida bisa mendapatkan sinar matahari setiap hari, akan sulit bagi tubuh untuk memproduksi vitamin D. Untuk itu, suplemen QnC Jelly Gamat bisa menjadi pilihan yang sempurna. Namun, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D untuk mendapatkan vitamin D yang lebih alami. Minyak ikan dengan kadar vitamin D yang tinggi adalah pilihan lain yang baik.

  • Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh dan juga untuk sistem pencernaan Anda. Karena nutrisi langsung diserap di saluran pencernaan, penting untuk mendapatkan cukup vitamin C dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh Anda didasarkan dari apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, dan mengonsumsi Vitamin C dapat membantu usus Anda, memungkinkan fungsi kekebalan tubuh Anda untuk bekerja pada tingkat yang terbaik. Vitamin C juga dapat membantu dengan sembelit ringan.

  • L-Glutamine

Sebuah nutrisi yang kurang dikenal untuk usus Anda adalah L-Glutamine. Asam amino ini penting untuk penyembuhan lapisan usus dan menjaganya agar tetap dalam kondisi baik. Sebagian besar sumber protein hewani kaya akan asam amino ini. Dosis yang baik adalah 5 miligram. L-Glutamine juga telah dikaitkan dengan pemulihan otot setelah latihan dan populer di kalangan banyak atlet, bersama dengan orang-orang yang memiliki masalah pencernaan yang perlu untuk menyembuhkan lapisan usus mereka.

Itulah beberapa nutrisi penting bagi kesehatan sistem pencernaan manusia. Semoga bermanfaat.

 

| Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Sistem Pencernaan Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *