Naiknya Asam Lambung Menjadi Pemicu Terjadinya Kanker Laring

Kanker laring atau kanker pita suara banyak terjadi pada perokok, namun tidak menutup kemungkinan pada orang yang terlalu sering mengalami kenaikkan asam lambung pun bisa menyebabkan peradangan di pita suara dan bagian tenggorokan lain. Apabila tidak diatasi dengan segera maka akan memicu timbulnya sel kanker.

kanker laring

Hal ini dikarenakan, ketika terjadi asam lambung naik, cairan yang ada di dalam lambung akan naik ke tenggorokan dan mengakibatkan pita suara atau laring iritasi. Bila hal ini terjadi terus menerus tanpa adanya upaya pengobatan, maka bukan menjadi hal yang tidak mungkin akan terjadi kanker.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Gejala awal yang muncul bila dari kanker laring atau pita suara, biasanya adalah:

  • Timbul rasa sakit pada tenggorokan
  • Suara serak
  • Penumpukan lendir
  • Muncul benjolan di pita suara
  • Efek naiknya asam lambung biasanya akan lebih buruk jika terjadi saat posisi berbaring.

Untuk mencegah terjadinya kanker pita suara atau laring, dokter menyarankan untuk menghindari terjadinya naiknya asam lambung sebagai pemicu terjadinya kanker. Caranya yaitu dengan membiasakan berhenti makan dua jam sebelum tidur, hindari makan goreng-gorengan, karena akan memicu asam lambung naik dan bisa tertinggal di pita suara. Sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan di malam hari.

Baca Juga: Makanan Untuk Meredakan Asam Lambung

Apabila anda adalah salah seorang yang sering mengalami asam lambung naik, alangkah baiknya untuk segera mendapatkan pengobatan dan penanganan secara tepat untuk menghindari terjadinya komplikasi akibat dari asam lambung naik. Jangan sepelekan penyakit ini karena dapat membahayakan kesehatan anda. Semoga artikel mengenai naiknya asam lambung menjadi pemicu terjadinya kanker laring ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih

| Naiknya Asam Lambung Menjadi Pemicu Terjadinya Kanker Laring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *