Menu Makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan Anda

Sistem pencernaan pada tubuh sangat penting bagi kesehatan seluruh anggota tubuh. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan berfungsi sebagai pencerna makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan menyerap nutrisi yang kemudian didistribusikan keseluruh tubuh. Sehingga, apabila sistem pencernaan kita terganggu, maka akan muncul berbagai gangguan kesehatan lain.

Baca Juga: Pengobatan Sakit Asam Lambung

Terjadinya gangguan kesehatan pada sistem pencernaan juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita makan. Maka dari itu, mari kita kenali beberapa menu makanan yang bisa mengganggu pencernaan anda.

Menu Makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan

Menu Makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan Anda

Makanan tinggi lemak
Makanan yang digoreng dapat meningkatkan asam lambung dan perut akan terasa panas. Apabila tinja berwarna pucat itu pertanda ada lemak berlebih didalam perut. Sehingga, bagi penderita iritasi usus besar sebaiknya hindarilah makanan tinggi lemak termasuk mentega dan krim.

Cabai rawit
Tim McCashland, MD, seorang ahli pencernaan di University of Nebraska Medical Center, di Omaha menyatakan bahwa masakan pedas dapat menurunkan tekanan otot dibagian bawah kerongkongan dan membuat asam lambung keluar ke kerongkongan. Apabila terlalu banyak makan cabai rawit, perut akan menjadi mulas. Hal ini bisa menjadi masalah bagi orang yang mengalami iritasi usus besar atau yang menderita maag kronis.

Susu
Kandungan laktosa pada susu dapat menyebabkan diare, kembung dan kram perut. Alergi terhadap laktosa sudah menjadi masalah umum dan tidak baik jika diminum orang yang memiliki masalah pada enzim laktasenya. Enzim laktase ini berfungsi untuk memecah laktosa didalam usus.

Alkohol
Alkohol dapat melemahkan lambung sehngga membuat perut menjadi mulas dan asam lambung meningkat. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat memecah nutrisi yang telah diserap. Terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan diare dan kram perut.

Buah Barries
Meski buah ini baik untuk kesehatan, namun bisa dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dapat memicu masalah pada usus besar seperti radang atau infeksi.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan

Coklat
Hasil dari sebuah penelitian ditahun 2005, menunjukkan bahwa coklat bisa menjadi masalah pada pasien yang mengalami iritasi pada usus besar atau mengalami sembelit kronis. Meski coklat memberikan manfaat bagi kesehatan, namun bagi penderita alergi susu sebaiknya hindari makan coklat karena dapat menyebabkan kram perut, kembung dan diare.

Minuman bersoda
Jenis minuman ini dapat membuat asam lambung terbatas di dalam perut sehingga menyebabkan diare dan kram.

Jagung
Meski jagung kaya akan serat, namun jagung juga mengandung selulosa atau jenis serat yang sulit dihancurkan. Kita tidak memiliki enzim untuk memecahkan selulosa dengan cepat. Maka dari itu, jangan konsumsi jagung secara berlebihan.

Nah itulah beberapa daftar makanan yang dapat mengganggu pencernaan Anda. Sebaiknya kurangi asupan makanan-makanan diatas untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

| Menu Makanan yang Bisa Mengganggu Pencernaan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *