Menguak Beberapa Mitos Penyebab Usus Buntu

Appendix vermoformosis atau susu buntu merupakan bagian dari organ pencernaan manusia berupa suatu tonjolan kecil berbentuk seperti tabung yang telrtak di kolon asendens (bagian dari usus besar), pada perbatasan kolong asendens dengan usus halus. Panjangnya rata-rata 5-10cm. Posisinya bervariasi, oleh karena itu, jika usus buntu mengalami peradangan sering mengakibatkan keluhan yang berbeda-beda.

Banyak orang percaya bahwa biji jambu batu menjadi faktor penyebab radang usus buntu. Tidak jelas siapa yang menciptakan mitos itu pertama kali. Para ahli menyebutkan bahwa dari segi medis, tak ada hubungan antara biji jambu batu dengan radang usus buntu.

Mitos ini berkembang karena usus buntu itu memiliki muara yang dirancang sedemikian rupa, sehingga dianggap mudah dimasuki biji-bijian. Mitospun berkembang bawah muara itu merupakan gerbang masuknya sang biji ke dalam usus buntu. Jika sudah menumpuk dan mengeras maka radangpun tak terelakkan. Namun, masyarakat melupakan satu hal yang bisa menjelaskan ketidakterkaitan antara biji-bijian dengan radang usus buntu. Usus buntu atau umbai cacing memiliki gerakan peristaltik yakni gerakan memompa ke atas bila ada benda-benda yang masuk ke tubuhnya, Setiap benda atau barang yang nyasar ke usus buntu itu langsung didorong kembali ke luar. Dengan adanya gerakan peristaltik membuat benda yang masuk ke usus buntu termasuk biji sulit bersemayam didalamnya.

Selain biji jambu batu, ternyata ada beberapa mitos yang diyakini banyak orang menjadi penyebab terjadinya radang usus buntu. Berikut dibawah ini ringkasan dari health.detik.com mengenai mitos penyebab usus buntu.

Menguak Beberapa Mitos Penyebab Usus Buntu

mitos penyebab usus buntu

  • Berlari setelah makan

Mereka yang berlari tak lama setelah makan biasanya akan mengalami rasa nyeri pada perut. Rasa nyeri yang timbul membuat beberapa orang menyimpulkan bahwa lari setelah makan dapat menimbulkan usus buntu. Anggapan tersebut ditepis oleh beberapa dokter dari Divisi Digestif RSCM Kencana. Menurutnya, rasa nyeri tersebut timbul lantara sirkulasi darah yang seharusnya menuju usus dialihkan ke otot. Itulah mengapa tidak disarankan mengkonsumsi makanan berat sesaat sebelum berolahraga.

  • Terlalu sering menyantap mie instan

Anggapan bahwa bumbu mie instan dapat menyebabkan usus buntu ditepis oleh beberapa dokter dari RS Premier Bintaro. Menurutnya, kreap menyantap mie instan tak berhubungan dengan terjadinya radang pada sekum. Peradangan pada usus buntu kerap disebabkan oleh pembengkakan jaringan limfoid, kinking pada usus buntu, serta kotoran yang membantu di dalam usus buntu. Untuk mengurangi risiko usus buntu, ia menyarankan agar kerap mengkonsumsi sayuran.

  • Merebahkan tubuh setelah makan

Hal ini ditepis oleh dokter dari divisi gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM. Menurutnya merebahkan tubuh setelah makan tak akan menyebabkan peradangan usus buntu. Risiko yang akan timbul jika seseorang kerap berbaring setelah makan adalah naiknya asam lambung.

  • Hobi Menyantap makanan pedas

Menurut beberapa Dokter dari RS Royal Taruma Jakarta, anggapan tersebut hanya mitos belaka. Menurutnya, tak ada kaitan langsung antara kegemaran menyantap hidangan pedas dengan terjadinya peradangan usus buntu.
Tidak ada hubungan langsung antara makanan pedas dengan radang usus buntu. Karena radang usus buntu terjadi karena infeksi atau radang dari bakteri.

  • Menahan BAB

Kerap menahan Buang air besar sering dikaitkan dengan risiko usus buntu. Menurut Dr Fahrial, anggapan tersebut tidak benar karena tak ada kaitan langsung antara menahan BAB dengan peradangan pada usus buntu. Meski demikian, radang pada usus buntu bisa diakibatkan karena da kotoran atau feses yang membatu di dalam sekum. Untuk mencegahnya, konsumsi sayuran harus diperbanyak agar pembuangan feses lancar dan kotoran tak membatu di dalam usus.

Itulah beberapa mitos penyebab dari penyakit usus buntu, terimakasih dan semoga bermanfaat.

| Menguak Beberapa Mitos Penyebab Usus Buntu

Artikel lainnya:

Obat asam lambung

obat tukak lambung alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *