Manfaat Konsumsi Buah Pisang Emas Bagi Kesehatan

Pisang emas atau pisang muli adalah jenis pisang yang memiliki ukuran kecil dengan diameter antara 3-4 cm. Kulit pisang emas juga sangat tipis dan memiliki warna yang kuning terang (lebih kuning dari pisang lampung). Pisang muli memiliki ciri khas seperti rasa daging pisang emas sangat manis dan memiliki aroma yang khas pula.

Pisang emas atau pisang muli memiliki kandungan karbohidrat (glukosa, sukrosa dan fruktosa), vitamin (A, B1 B2, niasin dan asam folat), mineral seperti potasium atau kalium, dan zat besi.

Tidak hanya rasanya saja yang lezat, namun pisang muli juga memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Konsumsi Buah Pisang Emas Bagi Kesehatan

khasiat pisang emas bagi kesehatan

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Pisang emas memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Maka dari itu, konsumsi pisang muli dapat membantu Anda menyehatkan saluran pencernaan dan terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan seperti asam lambung, maag, iritasi lambung, tukak lambung, lambung bocor, sembelit, dll.

  • Meningkatkan fungsi ginjal

Kandungan potasium dalam pisang emas dapat mengontrol pengeluaran kalsium dalam urine dan kondisi yang demikian akan membantu fungsi ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, serta akan mengurangi risiko terkena batu ginjal.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi serta sodium yang rendah dalam pisang emas merupakan perpaduan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terkena stroke.

  • Terhindar dari stress

Dengan mengonsumsi buah pisang emas secara teratur, tidak perlu kuatir akan risiko kehabisan potasium dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pisang emas mengandung banyak potasium sehingga tubuh akan selalu memperoleh asupan potasium. Kandungan potasium ini juga dapat memberikan efek menenangkan pikiran yang terkadang sedang jenuh atau suntuk.

Baca Juga: Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Petai

  • Menguatkan tulang

Pisang emas adalah buah yang banyak mengandung prebiotik yang disebut fructooligosaccharide yang berfungsi untuk membuat tubuh kita lebih mudah menyerap nutrisi. Hal ini secara tidak langsung akan membiarkan tubuh menyerap kalsium dengan mudah. Dengan demikian tulang kita akan lebih kuat.

  • Mengatasi anemia

Kandungan zat besi, vitamin serta mineral dengan kadar yang tinggi berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

Begitulah manfaat setelah Anda mengonsumsi buah pisang muli setiap hari. Pisang muli juga sering digunakan sebagai buah untuk pencuci mulut.

| Manfaat Konsumsi Buah Pisang Emas Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *