Manfaat Dan Khasiat Bunga Chamomile Untuk Kesehatan

Cahamomil adalah salah satu jenis bungun yang dipercaya mempunyai khasiat dalam mengobati penyakit. Oleh karena itu bunga ini sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

bunga chamomile
Chamomil atau nama umumnya dikenal dengan kamomil adalah tanaman yang memiliki nama imliah matricaria kamomil L. Anthemis nobilis atau Chamaemelum nobile (L.), dari keluarga tanaman Compositae (Asteraceae). Bunga chamomile ini berasal dari kata Yunani yang berarti Chamosdan milos, yang berarti berarti apel, karena memiliki aroma yang mirip dengan aroma dari buah apel. Tanaman ini tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 30 cm dari permukaan tanah, dengan batang yang berkerut dan bercabang, daun berwarna hijau pucat. Bunganya mirip dengan bunga aster

Bunga dan batangnya inilah yang digunakan sebagai bahan membuat teh kamomil, ektrak kamomil dan kapsul kamomil.
Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga chamomile bagi kesehatan, diantaranya:

Bunga chamomile memiliki sifat anti-inflamasi
Penelitian membuktikan bahwa anti inflamasi pada bunga chamomile ini dapat membantu mengatasi jerawat, eksim, psoriasis, ruam dan iritasi kulit lainnya.

Dapat digunakan untuk memperlambat penuaan kulit.
Bunga chamomile mengandung levomenol, senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembab alami yang terbukti mengurangi efek buruk sinar matahari, menenangkan rasa gatal, memperbaiki tekstur kulit, dan memperpanjang elastisitas kulit.

Mengatasi penyakit infeksi lambung
Seperti yang sudah kita ketahi bahwa bunga chamomile ini mengandung anti-inflamasi, karena bersifat anti-inflamasi bunga chamomile ini dapat mengatasi infeksi lambung. kandungan karminatif serta antimikrobanya pun tinggi sehingga gangguan pencernaan karena infeksi pada lambung dapat ditangani.

Obat Herbal Infeksi Lambung

Mengatasi kecemasan dan gangguan tidur
Teh yang terbuat dari bunga chamomile ini telah sejal lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi kecemasan dan merangsang kantuk. Penelitian juga menunjukan orang yang menginsumsi kapsul kamomil gejala kecemasannya menurun, jika dibandingkan plasebo. Jadi bunga ini sangat tepat untuk mengatasi kecemasan dan bagi Anda yang mempunyai gangguan pada tidur.

Dapat menghilangkan bengkak serta lingkaran hitam pada mata
Bunga chamomile sekarang sudah banyak digunakan sebagai penghilangkan bengkak dan lingkaran hitam pada mata. Bunga chamomile telah diolah menjadi teh celup dingin yang bisa langsung di tempelkan pada mata untuk menghilankan bengkak dan lingkaran hitam pada mata.

Demikianlah informasi mengenai manfaat dari bunga chamomile. Kamomil aman jika digunakan dengan aturan yang benar, namun bisa menyebabkan alergi bagi orang yang sensitif dan telah diketahui alergi terhadap krisan atau tanaman lain dari keluarga Compositae.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *