Manfaat Dan Bahaya Es Krim Untuk Ibu Hamil

Beberapa Manfaat Dan Bahaya Es Krim Untuk Ibu Hamil

Es krim salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, dewasa, lansia bahkan ibu hamil, mereka sangat suka dengan rasa es krim. Es krim sangat enak bila dimakan saat cuaca sedang panas untuk memenuhi dahaga pada tenggorokan. Es krim adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pemebkuam tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, dan gula.

ibu hamil makan es krim
Es krim sendiri sekarang sudah memiliki banyak rasa contohnya rasa coklat, vanilla strawberry, durian, karamel dan yang lainnya. Sehingga semakin membuat penikmatnya terobsesi untuk memakannya. Tapi apa es krim baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? beberapa orang mengtakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan es krim. Untuk memperjelas kami akan menjelaskan tentang apa es krim baik untuk ibu hamil dan apa manfaat es krim untuk ibu hamil.

Secara umum es krim memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya:

  • Es krim kaya akan kalsium sehingga baik untuk nutrisi agar memperkuat tulang dan menaikkan energi tubuh.
  • Es krim kaya akan vitamin seperti vitamin A, D K, dan B12.
  • Vitamin D yang ada pada es krim baik untuk kesehatan mata.
  • Mengandung protein Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Bagaimana untuk ibu hamil apa ada manfaatnya?

Ibu hamil boleh mengkonsumsi es krim asalkan ada pada batas wajar. Karena mengkonsumsi es krim terlalu berlebihan akan berdanpak tidak baik untuk janin yang ada di dalam kandungan. Es krim juga memiliki manfaat baik untuk ibu hamil diantaranya:

Bisa menghilangkan stress ibu hamil
Biasanya ibu hamil mudah sekali terkena stres karena ibu hamil mempunyai sifat atau mood yang sering berubah. Mungkin karena bawaan dari bayinya. Salah satu manfaat es krim bagi ibu hamil adalah dapat mengatasi masalah stres. Bila Anda mengkonsumsi es krim maka rasa stress Anda akan berkurang.

Menghilangkan rasa mual
Rasa mual pada ibu hamil adalah hal biasa yang sering dialami oleh setiap ibu hamil. Kadang kala ada beberapa ibu hamil yang tidak bisa makan akibat rasa mual yang dialaminya sehingga akan mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi rasa mual yang tersebut Anda bisa mengkonsumsi es krim, karena rasa manis dan dingin pada es krim ternyata mampu mengatasi masalah mual pada ibu hamil.

Membentuk tulang bayi
Seperti yang telah diketahui bahwa es krim mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kalsium tersebut sangat baik untuk pembentukkan tulang bayi dalam kandungan. Jadi Anda bisa mengkonsumsi es krim agar tulang calon bayi Anda tumbuh dengan baik.

Meningkatkan peluang kehamilan
Sebuah penelitian yang telah di lakukan di Harvard School of Public Health, Boston mengungkapkan bahwa para wanita yang memang ingin secepatnya mendapatkan kehamilan, sebaiknya mereka menghindari mengkonsumsi beberapa jenis produk susu yang memiliki kandungan melak yang rendah. Dan hal ini erat kaitannya dengan non ovulasi. Karena jika kita mengkonsumsi es krim atau bahkan produk susu yang memiliki kandungan lemak secara rutin, maka hal ini bisa membantu meningkatkan kemungkinan terjadinya konsepsi dalam rahim.

Itu adalah manfaat es krim untuk ibu hamil, selain bermanfaat Anda juga harus berhati-hati bila ingin mengkonsumsi es krim. Karena ada bahaya yang bisa timbul bila ibu hamil mengkonsumsi es krim secara berlebihan. Barikut faktor resiko mengkonsumsi terlalu banyak es krim pada saa hamil:

  • Akan meningkatkan kemungkinan tertular bakteri listeria.
  • Bila tertular bakteri tersebut akan berpotensi untuk mempengaruhi cairan ketuban, plasenta atau janin Anda jika terinfeksi.
  • Menyebabkan beberapa konmplikasi seperti keguguran, lahir mati, radang pada kulit, infeksi pernafasan pada bayi akibat terjadinya infeksi.
  • Kelebihan berat badan pada ibu hamil dan bayi yang terlalu berat sehingga Anda harus mehairkan secara caesar.

Itulah beberapa bahaya yang harus Anda waspadai apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi es krim. Memakan es krim boleh-boleh saja asalkan ada pada porsi yang tepat dan tidak berlebihan. Kesehatan selama kehamilan adalah hal yang penting agar ibu dan janin bisa sehat sampai waktu kelahiran datang.

Baca juga artikel

Tips Mudah Untuk Menghilangkan Uban Pada Rambut
Pengobatan Radang Usus Pada Anak-Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *