Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bengkoang atau bengkuang (Pachyrhizus) merupakan jenis umbi-umbian yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak beberapa merk kosmetik yang menggunakan bahan dasar bengkoang.

Bengkoang mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium yang memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Sifat ini berguna untuk penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa Muda dalam Meredakan Asam Lambung

Daftar kandungan pada 100gr bengkoang diantaranya yaitu vitamin B1, vitamin C, energi, zat besi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor. Berikut dibawah ini manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Mengurangi produksi asam lambung

Sifat alkali pada bengkoang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

  • Baik untuk penderita diabetes

kandungan inulin yang terdapat dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang terasa manis. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga mampu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal meskipun rasanya manis.

  • Berperan sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C dalam bengkoang sangat baik untuk antioksidan maupun sebagai obat sariawan. Selain itu, bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Membantu melancarkan pencernaan

Inulin dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sehingga bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

  • Menghilangkan flek hitam di wajah

Untuk penggunaannya cukup parut bengkoang dan haluskan kemudian dijadikan masker.

  • Mencerahkan kulit

Gunakan masker Bengkoang ini pada malam hari, menjelang waktu tidur. Dan keesokan harinya dapat di bilas dengan air. Hal ini karena membiarkan sari pati Bengkoang terserap oleh kulit wajah, sehingga nutrisi dalam Bengkoang yang di pakai untuk masker wajah bekerja secara maksimal. Dan bisa anda gunakan secara teratur di malam hari, agar hasil yang di peroleh, kulit wajah dapat cerah alami.

  • Mencegah penuaan dini pada wajah

Kandungan vitamin C pada bengkoang, sangat ampuh khasiatnya untuk mencegah penuaan dini pada wajah. Dimana Bengkoang ini dapat dimakan maupun di gunakan sebagai masker wajah. Namun untuk lebihnya, dapat anda gunakan sebagai masker di malam hari. Kandungan vitamin C di bengkoang juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas sinar matahari.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat bengkoang untuk kecantikan seperti membuat kulit tampak sehat, melembabkan kulit, dll. Maka dari itu, konsumsilah bengkoang secara teratur namun tidak berlebihan. Dan dapatkan pula khasiat serta manfaatnya.

| Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *