Komplikasi Akibat Dari Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Komplikasi yang paling sering terjadi adalah esofagitis. Esofagitis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Pada kasusu esofagitis yang parah, penderita akan kesulitan menelan karena munculnya tukak. Tukak terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menjadi luka. Pada kasus yang lebih parah lagi, bisa terjadi kanker esofagus.

Komplikasi Akibat Dari Asam Lambung

komplikasi akibat asam lambungPenyakit asam lambung atau GERD dalam kurun waktu yang cukup lama dan tidak ditangani dapat mengakibatkan komplikasi. Komplikasi yang terjadi akibat dari asam lambung adalah:

  • Asma

Gejala asma akan memburuk karena saluran udara bisa terganggu oleh asam lambung Obat-obatan asma juga memperparah gejala GERD.

  • Penyempitan saluran esofagus

Terjadi kerusakan dinding bagian bawah dari esofagus karena teriritasi asam lambung terus menerus. Setelah teriritasi terus-menerus, esofagus membentuk jaringan luka yang akibatnya menyempitkan saluran untuk lewatnya makanan.

  • Luka pada dinding esofagus atau tukak esofagus

Asam lambung bisa mengikis dinding esofagus dengan sangat parah, ini yang menyebabkan luka atau tukak terbentuk. Tukak esofagus bisa berdarah dan menyebabkan munculnya rasa sakit dan kesulitan saat menelan.

  • Esofagus Barrett

Perubahan sel-sel pada dinding esofagus bisa terjadi setelah teriritasi asam lambung berulang kali. Kondisi ini disebut Esofagus Barrett dan bisa dianggap sebagai kondisi prakanker. Perubahan sel yang terjadi belum memiliki sifat-sifat kanker. Tapi di kemudian hari, sel-sel ini bisa memicu munculnya sel kanker walau terhitung jarang.

  • Kanker esofagus

Selain akibat GERD yang berkelanjutan, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker esofagus. Risiko akan meningkat jika penderita adalah seorang pria, perokok dan peminum alkohol, mengalami obesitas atau kegemukan. Gejala paling umum dari kanker esofagus adalah kesulitan dan rasa sakit saat menelan serta penurunan berat badan.

Itulah beberapa komplikasi akibat dari asam lambung, bisa juga anda melakukan pengobatan asam lambung secara alami dengan meminum obat herbal QnC Jelly Gamat.

 


| Komplikasi Akibat Dari Asam Lambung

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *