Khasiat dan Manfaat Tanaman Okra Untuk Kesehatan

Okra atau jari wanita atau disebut juga bamia adalah tanaman penghasil serat yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Okra adalah sayuran yang mengandung serat dan glutation. Selain itu, biji dalam okra juga mengandung minyak hingga 40%. Dimana dalam minyak tersebut sangat kaya akan asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat. Selengkapnya, berikut ini khasiat dan manfaat tanaman okra untuk kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Okra Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Tanaman Okra Untuk Kesehatan

Menurunkan berat badan
Okra termasuk kedalam sayuran rendah kalori. Dalam setiap 100 gra okra hanya mengandung 30 kalori. Selain itu, tanaman ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, okra merupakan sumber makanan yang kaya serat, mineral, dan vitamin. Okra sering direkomendasikan oleh ahli gizi sebagai sumber makanan untuk membantu mengontrol kolesterol dan program penurunan berat badan.

Mencegah sembelit
Okra merupakan jenis polong yang kaya akan zat lendir dan berguna untuk membantu dalam peristaltik kelancaran makanan yang dicerna melalui usus sehingga dapat membantu meredakan atau mencegah kondisi sembelit.

Melindungi paru-paru
Senyawa flavanoid pada sayuran okra berguna sebagai antioksidan seperti beta-karotein, xanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru.

Baca juga: Manfaat Kandungan Nutrisi Pada Kacang Hijau

Menjaga metabolisme energi
Kandungan mangaan dan magnesium yang berperan sebagai co-faktor berbagai jenis enzim dalam tubuh. Magnesium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, sedangkan mangaan berfungsi dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Kedua senyawa ini sangat penting dalam proses pengontrolan metabolisme energi dalam tubuh.

Membantu proses pencernaan
Kandungan serat yang dihasilkan okra sangat baik dalam membantu meringankan pencernaan (bagi organ lambung, usus, dll) dan meningkatkan kadar gula darah Anda.

Menjaga kesehatan mata dan kulit
Tanaman okra dipercaya banyak memiliki kandungan manfaat vitamin A yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan untuk menjaga selaput lendir yang berkontribusi dalam menjaga kulit agar tetap sehat.

Itulah kandungan nutrisi serta manfaat yang diberikan sayuran okra bagi kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan pencernaan Anda. Semoga bermanfaat dan sehat selalu. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *