Kenali Manfaat Kandungan Nutrisi dan Gizi Pada Buncis

Buncis termasuk kedalam jenis polong-polongan. Sayuran ini kaya akan nutrisi dan gizi yang tinggi. Buncis mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B11, vitamin C, lemak, protein, kadar abu, mangan, molibdenum, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, kalsium, tembaga, karbohidrat, serat kasar, dll.

Dengan kandungan-kandungan diatas, maka tidak heran buncis dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat buncis? ini dia.

Manfaat Kandungan Nutrisi dan Gizi Pada Buncis

manfaat-kandungan-nutrisi-dan-gizi-pada-buncis

Melancarkan dan membasmi racun pada sistem pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada buncis bermanfaat dalam membantu melancarkan sistem pencernaan. Seperti yang Anda ketahui, sistem pencernaan yang baik dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, sehingga jantung tetap sehat.

Selain itu, serat juga berkhasiat dalam membersihkan racun dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Sehingga Anda dapat mencegah terjadinya iritasi pada usus besar dan lambung.

Meningkatkan sistem metabolisme
Kandungan mineral pada buncis seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium dapat berfungsi dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga hal ini sangat baik dalam meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya.

Melancarkan sirkulasi darah
Kandungan zat besinya berkhasiat untuk meningkatkan hemoglobin. Dimana hemoglobin ini berguna untuk menjadikan darah lebih banyak dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga hal tersebut bisa menjadikan sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar, tanpa ada timbulnya masalah.

Baik untuk penderita diabetes
Buncis memiliki kandungan indeks glikemik yang cukup menyehatkan, sehingga baik untuk penderita diabetes. Bahkan kandungan glyconutrients yang ada pada sayur buncis ini mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap dalam kondisi normal.

Bagus dikonsumsi oleh ibu hamil
Kandungan asam folat pada buncis berguna untuk mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Bahkan vitamin K pada buncis, dapat meningkatkan perkembangan pada janin. Sehingga, bagi para ibu hamil, sayur buncis ini sangat baik untuk dikonsumsi yang nantinya bisa mendukung terhadap masa kehamilan Anda.

Selain itu, masih banyak lagi khasiat dari mengonsumsi buncis seperti misalnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi batu ginjal, mengontrol glukosa serta rendah kalori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *