Kenali Buah-Buahan yang menyebabkan Perut Kembung

Perut kembung tidak hanya disebabkan oleh faktor alam dan kondisi kesehatan tubuh, namun juga beberapa jenis makanan seperti misalnya buah-buahan.

Baca Juga: Obat Perut Kembung Untuk Bayi, Anak Balita Umur 4 Tahun

Terdapat beberapa kandungan pada buah yang dapat menyebabkan perut kembung diantaranya yaitu fruktosa dan sorbitol. Keduanya memicu gas dan perut kembung. Bahkan kandungan serat pada buah-buahan juga memicu gas pada lambung. Adapun beberapa jenis buah-buahan yang menyebabkan perut kembung diantaranya yaitu:

buah apel

  • Buah apel

Apel memiliki kandungan antioksidan, fruktosa, gula buah yang pada sebagian orang lebih sulit dicerna. Ketika sistem pencernaan mulai memecah gula buah, maka perut akan terasa lebih bergas. Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa memakan apel sedikit-sedikit dan mengunyahnya secara pelan-pelan. Hal ini dikarenakan apabila Apel dikonsumsi dalam jumlah sedikit-sedikit jumlah fruktosa yang diasup juga berkurang.

  • Buah pir

kandungan pektin yang merupakan jenis serat larut membantu menurukan kolesterol dan membuat anda lebih kenyang. Kandungan sorbitol pada buah pir juga membantu usus bergerak. Namun, karena lebih lambat dicerna, sehingga membuat sebagian orang mengalami perut kembung. Untuk mengatasinya yaitu dengan berolahraga agar gas dalam lambung bisa dikeluarkan.

  • Buah cherry, mangga, anggur serta nanas

Kandungan zat gula pada buah tersebut kadang tidak bisa diserap dengan sempurna di usus kecil dan bahkan terjebak di usus besar. Sehingga, memicu terjadinya perut kembung. Untuk mengatasinya, batasi konsumsi sumber makanan yang mengandung zat karbohidrat dan gula di hari tersebut.

  • Kismis dan berbagai buah kering

Keduanya memang berkhasiat untuk melancarkan BAB, namun juga menyebabkan perut kembung. Hal ini juga dikarenakan kismis dan buah kering merupakan makanan yang disukai bakteri usus yang kemudian memfermentasinya tapi tidak bisa dicerna sehingga memicu produksi gas diusus dan lambung.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Maka dari itu, batasi konsumsi buah-buahan diatas untuk mencegah terjadinya perut kembung

| Kenali Buah-Buahan yang menyebabkan Perut Kembung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *