Kenali 5 Jenis Bunyi Dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Jika Anda selalu memperhatikan tubuh Anda, maka pernahkah Anda mendengar kalau bagian tubuh kita selalu mengeluarkan bunyi? Beberapa diantaranya tak perlu dicemaskan, namun perlu Anda waspadai jika disertai dengan sensasi lainnya karena pertanda ada masalah dalam tubuh. Dan berikut ini kenali 5 jenis bunyi dalam tubuh yang perlu diwaspadai.

Kenali 5 Jenis Bunyi Dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Kenali 5 Jenis Bunyi Dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Berdasarkan Dr Natalie Azam, berikut ini kenali 5 jenis bunyi dalam tubuh yang perlu diwaspadai.

Perut bergemuruh
Bunyi gemuruh yang sepertinya datang daridalam perut Anda merupakan suara dan cairan yang digerakkan oleh otot melalui saluran pencernaan. Apabila perut Anda bergemuruh saat perut kosong, itu artinya pencernaan Anda tengah menyapu sisa-sisa makanan.

Sendi berderak
Tekanan pada sendi yang sehat bisa mengubah dan menghasilkan gas yang mengakibatkan bunyi berderak atau berkeretak. Jika sendi-sendi Anda mengeluarkan suara semacam itu tanpa disertai nyeri, Anda bisa mengabaikannya. Namun jika disertai nyeri dan bengkak atau sensasi tak menyenangkan lain ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Cegukan
Bila Anda cegukan lebih dari 48 jam, segera periksakan diri. Cegukan dalam jangka waktu lama bisa mengindikasikan masalah kesehatan serius, seperti kelainan pada saraf.

Sendawa
Sedawa atau bertahak adalah pelepasan udara dari perut dan biasanya disebabkan oleh tertelannya udara ketika makan atau minum terlalu cepat. Penyebab lain sendawa adalah kebiasaan atau kondisi medis lain seperti tukak lambung atau masalah empedu.

Sendawa kronis bisa jadi terkait kondisi inflamasi pada perut karena infeksi bakteri penyebab tukak lambung. Sensasi terbakar setelah sendawa juga merupakan gejala luka pada pencernaan dan harus diperiksa oleh petugas medis.

Telinga berdenging
Bunyi berdenging pada salah satu atau kedua telinga disebut tinnitus. Biasanya hal ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian dalam telinga. Ketika rambut-rambut halus di dalam telinga terlipat atau patah, mereka bisa menyebabkan dorongan elektrik secara acak ke otak dan menyebabkan suara berdenging.

Bila telinga berdenging lebih dari dua hari atau disertai nyeri dan vertigo, segera periksakan diri Anda.

Nah jadi itulah beberapa bunyi yang bisa terjadi pada bagian tubuh manusia. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda.

| Kenali 5 Jenis Bunyi Dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *