Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Pita Suara

pita suara adalah komponen penting dalam memproduksi bicara dan bernyanyi. Pita suara berfungsi untuk bernafas dan berbicara. Ketika salah satu atau kedua pita suara tidak bekerja dengan benar, bicara menjadi mendesah dan tersedak.

Salah satu fungsi pita suara adalah menggetarkan udara yang datang dari paru-paru untuk membentuk suara. Lipatan yang disatukan dan bergetar oleh saraf laring berulang. Sebuah saraf yang berbeda bergerak setiap kali lipat vokal. Kelumpuhan pita suara terjadi ketika saraf tidak bekerja dengan benar dan lipatan tidak bisa bergerak.

Tidak jarang seseorang mengalami peradangan pada pita suara. Dengan demikian, untuk mencegahnya, berikut ini kebiasaan yang dapat merusak kesehatan pita suara.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Pita Suara

Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Pita Suara

Berteriak

Ketika sedang berteriak, otot-otot di tenggorokan akan mengencang dan pernapasan menjadi dangkal karena ketegangan yang berlebihan.

Jika Anda terus menerus berteriak meski suara telah serak dan tenggorokan Anda terasa sakit, hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan jangka panjang pada pita suara. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan buruk ini.

Berdehem

Jika Anda terlalu sering berdehem dan terlalu kuat, hal itu dapat mengakibatkan kerusakan pita suara. Daripada berdehem, lebih baik mencoba untuk mengistirahatkan tenggorokan yang terasa kering dan gatal dengan minum air.

Refluks asam

Ini merupakan naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada tenggorokan dan kadang-kadang menyebabkan gangguan suara. Untuk mencegah terjadinya refluks asam, disarankan untuk tidak terburu-buru ketika makan agar makanan dapat tercerna dengan baik dan menghindari makan tepat sebelum tidur.

Nada bicara yang dibuat berat

Hal ini dapat membuat pernapasan menjadi dangkal ketika laju berbicara semakin berat dan cepat, sehingga dapat melukai pita suara Anda.

Bernyanyi dengan teknik neck voice

Jika anda adalah seorang penyanyi pop, jazz, dangdut, melayu, rock, blues, RnB, dll yang cenderung menggunakan neck voice, mulai sekarang cobalah untuk belajar teknik “head voice” agar pita suara anda tidak cepat aus atau dalam beberapa kasus malah sampai rusak permanen.

Nah itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari demi menjaga kesehatan pita suara anda. Semoga bermanfaat

| Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Pita Suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *