Kandungan dan Manfaat yang di Miliki Pisang Merah

Pernahkah Anda mencoba mengkonsumsi pisang merah? Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai buah pisang ini. Padahal, buah pisang merah memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama kandungan vitamin C nya.

Pisang merah sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan program diet, selain itu pisang merah juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan obesitas. Hal ini senada dengan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa pisang merah mampu memenuhi 16% kebutuhan serat manusia. Selain itu, pisang merah juga sama halnya dengan beras merah yaitu rendah nilai glukosanya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak mengenai kandungan dan manfaat yang dimiliki pisang merah.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pada Pisang Merah

Kandungan dan Manfaat yang di Miliki Pisang Merah

Meski rasanya yang hambar, namun buah pisang merah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga dan mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Oleh karena itu, mari kita cari tahu beberapa nutrisi baik untuk kesehatan.

Rendah kalori
Dalam setiap satu buah pisang mengandung 110 kalori. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan bertambahnya berat badan dengan mengkonsumsi banyak pisang merah.

Tinggi serat
Dalam satu buah pisang merah ukuran sedang terdapat 4 gram dari 16% serat yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi 1 buah pisang, maka kebutuhan asupan serat harian Anda telah terpenuhi.

Serat adalah sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna organ tubuh. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa seorang wanita membutuhkan setidaknya 20gram serat per hari sedangkan pria membutuhkan 30gram perhari. Sehingga, dengan mengkonsumsi pisang merah ini Anda sudah bisa mengontrol tubuh dengan maksimal dan juga bisa mengontrol dan mengurangi terjadinya penyakit jantung.

Sumber kalium
Dalam 1 buah pisang ukuran sedang mengandung 400mg sehingga sudah memenuhi sebesar 11% kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalium adalah zat mineral dan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selan itu, kalium juga berfungsi terhadap jantung, kontraksi otot dan sistem pencernaan.

Selain itu, kalium juga berguna untuk menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang di Amerika, American Heart Associatin. Namun meski demikian, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal tidak kami sarankan mengkonsumsi makanan dengan tinggi kalium. Oleh karena itu, ada lebih baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Kaya vitamin B6
Vitamin B6 merupakan sumber vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme protein dan sel darah merah. Sehingga, vitamin B6 sangat baik untuk memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin sendiri bertugas sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Mengkonsumsi satu buah pisang merah dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin B6 sebesar 20% dari nilai harianmu. Maka dari itu, bagi Anda yang sering mengalami pusing-pusing (gejala anemia), atasi dengan mengkonsumsi buah pisang merah.

Sumber vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga memproduksi kolagen. Zat antioksidan yang dimilikinya dapat menangkal radikal bebas tubuh. Dengan demikian, pisang merah juga mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker yang bisa menyerang tubuh.

Menurunkan kadar asam lambung
Penyakit lambung seperti maag atau naiknya kadar asam lambung dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah pisang merah. Karena buah ini mengandung sifat antacid didalamnya, sehingga sangat baik untuk lambung.

Namun, bagi Anda yang kini tengah mencari solusi pengobatan asam lambung, kami rekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat yang sudah terdaftar di Lembaga Kesehatan, sehingga terbukti aman dan halal untuk dikonsumsi.

Selain manfaat-manfaat diatas, pisang merah juga baik dikonsumsi saat hamil, untuk penderita liver, untuk kesehatan tulang, dan masih banyak lagi. Umumnya, buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh semua orang. Hanya saja bila dikonsumsi secara berlebihan bisa berubah menjadi racun tersendiri. Maka dari itu, konsumsilah dengan cara yang bijak dan sewajarnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. Semoga artikel kesehatan ini bisa menambah pengetahuan Anda di bidang kesehatan dan semoga Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Kandungan dan Manfaat yang di Miliki Pisang Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *