Kandungan dan Manfaat Pada Bunga Pepaya

Selain buahnya, ternyata bunga pepaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, hal ini tidak banyak orang yang mengetahui. Bahkan, khasiat bunga pepaya ini terletak pada kandungan gizinya yang melimpah. Didalam setiap 100 gram bunga pepaya, terdapat energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C.

Rasanya yang pahit membuat orang enggan untuk mengkonsumsi bunga ini, padahal khasiat bunga pepaya bagi kesehatan banyak sekali.

Kandungan dan Manfaat Pada Bunga Pepaya

Kandungan dan Manfaat Pada Bunga Pepaya

Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan tanin pada bunga pepaya dapat membantu organ-organ pencernaan didalam tubuh untuk melakukan fungsinya secara optimal. Kandungan gizi tersebut dapat membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

Artikel terkait: Obat Asam Lambung

Memperbaiki nafsu makan
Penggunaan bunga pepaya untuk tujuan ini, sudah banyak dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dan hasilnya pun terbukti sangat ampuh untuk membuat nafsu makan kembali.

Melancarkan peredaran darah
Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tembahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur, bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah.

Mencegah penyakit kanker
Kandungan antioksidannya berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Radikal bebas yang berasal dari polusi lingkungan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu, senyawa flavanoid pada bunga pepaya juga dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab macam-macam kanker seperti kanker laring misalnya. Flavanoid dan antioksidan juga memiliki fungsi lain diantaranya yaitu untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh kita.

Menurunkan Kolesterol
Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, tubuh akan menambah asupan folat serta antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Stroke
Kandungan di dalam bunga pepaya dengan tingkatan yang tinggi, sangat berguna untuk sebagai pencegahan penyakit stroke yang dapat diakibatkan oleh buruknya sirkulasi darah di dalam tubuh.

Jadi itulah beberapa kandungan dan khasiat makan bunga pepaya bagi kesehatan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari solusi dan menambah pengetahuan Anda.

| Kandungan dan Manfaat Pada Bunga Pepaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *