Kandungan dan Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Selain rasanya yang enak, buah durian juga ternyata banyak memiliki kandungan nutrisi sehat sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh. Apa saja kandungan dan manfaat buah durian untuk kesehatan?

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Buah durian memiliki tekstur daging yang lembut, dan sering digunakan untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit ringan. Adapun nutrisi utama pada buah durian diantaranya yaitu serat, folat, vitamin C, kalium, mangan, tembaga, tiamin, riboflavin, vitamin B6 dan fosfor. Maka karena itulah mengapa buah durian baik untuk kesehatan. Namun ingat, konsumsilah buah durian sewajarnya, tidak boleh berlebihan karena akan membahayakan kesehatan juga.

Kandungan dan Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

kandungan dan manfaat konsumsi buah durian

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Seperti yang anda tahu, bahwa kandungan kalsium merupakan nutrisi yang terkenal untuk kesehatan tulang, namun kalsium tidak bisa melakukan proses pembentukan tulang dan gigi tanpa adanya bantuan fosfor. Sehingga fosfor berperan penting membantu kalsium dalam pembentukan tulang dan gigi.

  • Menjaga kesehatan tiroid

Zat tembaga pada durian berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam hal produksi dan penyerapan hormon. Kelenjar tiroid berfungsi dalam mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon yang lain, membuat protein, dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi.

  • Mencegah depresi

Kurangnya vitamin B6 dalam tubuh dapat menyebabkan depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang mengalami depresi cenderung memiliki vitamin B6 yang rendah. Vitamin B6 adalah nutrisi yang penting dalam memproduksi serotonin, zat kimia neorotransmitter yang mempengaruhi suasana hati.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Serat pada buah durian berperan penting dalam penyerapan air dan memperlancar jalannya makanan menuju sistem pencernaan sehingga membantu melancarkan buang air besar secara teratur. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam buah durian juga dapat menambah massa ukuran tinja sehingga efektif mencegah dan mengatasi sembelit.

  • Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C yang tinggi pada durian menjadi faktor penting dalam membuat kolagen, protein penting yang ditemukan dalam pembuluh darah, legamen, tendon, tulang dan kulit. Vitamin C berperan besar dalam penyembuhan luka da menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Maka dari itu, konsumsilah buah durian untuk melengkapi asupan nutrisi anda dan meningkatkan kualitas hidup anda. Namun, seperti yang telah dibicarakan diatas, mesti diingat! jangan konsumsi buah durian secara berlebihan karena akan memicu terjadinya penyakit pada tubuh anda.

| Kandungan dan Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *