Ini Dia Fakta Seputar Penyakit GERD atau Asam Lambung

Pada umumnya penyakit yang berkaitan dengan asam lambung selalu dikira penyakit maag atau dispepsia. Padahal GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit kronik yang dapat menyebabkan kanker lambung atau kanker kerongkongan.

Menurut dokter ahli penyakit dalam dan konsultan penyakit lambung dan pencernaan Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dr H Ari Fahrial Syam SpPD KGEH, MMB di Jakarta, mengungkapkan bahwa,”Asam lambung bisa naik dan mengakibatkan perlukaan di kerongkongan. Lama-lama bisa menjadi kanker kerongkongan”.

Tahukah Anda Penyakit GERD ?

fakta seputar GERDPenyakit GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

Aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya menjadi pemicu sindrom GERD (seperti naiknya aliran isi lambung ke kerongkongan atau regurgitasi ataupun nyeri pada dada seperti terbakar, heartburn) tetapi juga menyebabkan luka pada kerongkongan atau esofagitis. Alur balik isi lambung ini juga dilaporkan bisa menyebabkan atypical syndrome (seperti asthma reflux) yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit diobati.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Penyakit GERD yang tidak segera mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan komplikasi seperti:

  • Penyempitan kerongkongan
  • Pendarahan kerongkongan
  • Terjadi pembentukan jaringan pada dinding kerongkongan seperti yang ditemukan pada usus atau disebut dengan Barret’s.

Apabila hal ini terjadi, maka perjalanan ini berhubungan dengan kanker kerongkongan.

Faktor risiko penyakit GERD antara lain: Obesitas, tidur terlentang (usai makan langsung tidur) merokok, alkohol, kopi dan stres.

Baca Juga: Menu Makanan yang Menyebabkan Perut Kembung

Itulah beberapa fakta seputar penyakit GERD, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih

| Fakta Seputar Penyakit GERD atau Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *