Hindari Jenis Makanan yang Membahayakan Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sistem yang memproses mengubah makanan dan menyerap sari makanan yang berupa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan juga akan memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan bantuan enzim sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, sistem pencernaan merupakan hal yang paling penting dibutuhkan untuk kelangsungan hidup seseorang. Bila saja sistem pencernaan rusak, maka akan mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Untuk mencegah itu semua, anda diharuskan untuk bisa menjaga kualitas hidup dan makanan yang anda makan. Adapun beberapa makanan yang harus dihindari untuk menjaga pencernaan.

Hindari Jenis Makanan yang Membahayakan Pencernaan

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan disarankan untuk hindari jenis makanan yang membahayakan pencernaan, seperti:

olahan susu

  • Produk Olahan Susu

Alasannya, karena produk olahan susu mengandung laktosa yang dapat mengakibatkan sakit perut apabila dikonsumsi terlalu banyak. Apabila anda memiliki masalah pencernaan dan tetap ingin mengkonsumsi produk olahan susu, cobalah dengan olahan susu dengan laktosa rendah seperti yoghurt.

  • Cabai dan Paprika

Alasannya karena, kedua jenis makanan ini termasuk makanan yang sulit dicerna, karena didalamnya terdapat senyawa capsaicin yang merupakan zat yang banyak terdapat pada paprika, cabai dan jalapeno (cabai khas meksiko). Senyawa capsaicin yang berukuran kecil tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan iritasi pada usus halus. Iritasi pada usus halus akan mengganggu gerakan peristaltik, sehingga makanan terdorong ke usus besar. Akibatnya, timbul rasa mulas yang bisa berujung pada diare.

  • Gorengan dan fast food

Keduanya mengandung sedikit nutrisi sehingga tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan. Makanan yang kebanyakan melalui proses digoreng dan bahan dasar kurang sehat dapat menyebabkan kekurangan serat sehingga menimbulkan ketidaknormalan pada sistem pencernaan manusia. Bahkan, dapat menyebabkan radang pada dinding lambung.

  • Soda

Soda dapat mengakibatkan luka atau radang lambung bahkan menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan dan juga mengakibatkan menghilangkan fungsi enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung, yang selanjutnya terganggu proses pencernaan dan pengambilan sari-sari makanan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk kesehatan lambung, semoga bermanfaat, terimakasih telah menyimak artikel kami. Semoga lekas sembuh !

| Hindari Jenis Makanan yang Membahayakan Pencernaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *