Gejala yang Timbul Akibat Kelebihan Asam Lambung

Asam lambung adalah cairan alami yang ada di lambung dan berfungsi untuk mencerna makanan dan juga membunuh bakteri berbahaya yang ikut tertelan lewat makanan. Tapi, jika jumlah asam lambung meningkat maka akan ada gejala yang bisa membahayakan tubuh.

Dikutip dari lifestyle.okezone.com, terdapat 3 gejala yang akan timbul ketika lambung kelebihan asam. Gejala ini muncul secara bertahap mulai dari yang ringan hingga yang berat. Semakin tinggi kadar asam lambung, maka akan semakin berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, mari kita kenali gejala yang timbul akibat kelebihan asam lambung.

Gejala yang Timbul Akibat Kelebihan Asam Lambung

Gejala yang Timbul Akibat Kelebihan Asam Lambung

Gejala ringan
Rasa tidak nyaman diperut menjadi salah satu gejala ringan dari kelebihan asam lambung. Selain itu, timbul juga gejala lainnya seperti perut kembung, sering bersandawa dan merasa mulas namun bukan diare. Biasanya gejala ini timbul ketika orang telat makan atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas. Dari fase ini, pasien juga kerap buang angin dengan intnsitas yang lebih sering dari saat normal.

Gejala lanjutan
Di fase ini, tidak hanya merasa kembung atau mulas tetapi juga merasa sakit di bagian perut sebelah kiri tepatnya dibagian lambung. Jika sudah semakin parah, keadaan ini akan menyebabkan Gastrointestinal Reflux Disease (GERD). Gejala ini adalah tanda asam lambung sudah mulai naik ke saluran esofagus atau kerongkongan. Jika hal ini terjadi tanda yang disarakan seolah bagian dada terbakar atau merasa panas dalam.

Gejala darurat
Yang paling parah adalah gejala naiknya asam lambung yang sudah melukai bagian lapisan mukosa dalam lambung. Ini adalah gejala luka, artinya lambung sudah menjadi luka karena asam lambung yang terus menggerus lapisan terluar dari lambung. Hal ini tidak bisa terus didiamkan karena jika dibiarkan lama maka lambung bukan hanya terluka tapi bisa menyebabkan kebocoran lambung. Jika hal ini terjadi pastinya keadaan ini bukan hanya mengancam kesehatan lambung tetapi juga keselamatan jiwa Anda

Itulah tahapan-tahapan gejala yang timbul akibat kelebihan asam lambung. Semoga artikel kesehatan ini bisa membantu Anda dan menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda semua.

|Gejala yang Timbul Akibat Kelebihan Asam Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *