Fungsi Lambung Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia atau sistem gastroinstestinal (mulai dari mulut sampai anus) adalah sistem organ dalam manusia yang berfungsi untuk menerima makanan, mencernanya menjadi zat-zat gizi dan energi, menyerap zat-zat gizi ke dalam aliran darah serta membuang bagian makanan yang tidak dapat dicerna atau merupakan sisa proses tersebut dari tubuh.
Sistem pencernaan (mulai dari mulut sampai anus) berfungsi sebagai berikut:

sistem-pencernaan

  • Menerima makanan
  • Memecah makanan menjadi zat-zat gizi
  • Menyerap zat-zat gizi ke dalam aliran darah
  • Membuang bagian makanan yang tidak dapat dicerna dari tubuh.

Adapun urutan-urutan sistem pencernaan manusia, diantaranya yaitu:

  1. Mulut
  2. Tenggorokan
  3. Kerongkongan
  4. Lambung
  5. Usus halus
  6. Usus besar
  7. Rektum
  8. Anus

Dari bagian-bagian sistem pencernaan tersebut, kami akan ambil mengenai apa sih sebenarnya fungsi lambung dalam sistem pencernaan manusia?

Fungsi Lambung

lambung-sehatBaiklah sebelum kita menjelaskan mengenai fungsi lambung, alangkah baiknya kita menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu lambung ?

Lambung merupakan sebuah kantong besar yang terletak dibagian atas rongga perut. Lambung berbentuk menyerupai kantong yang memiliki dinding tebal. Sebelah dalam lambung dilapisi oleh epithelium mengandung kelenjar-kelenjar pencernaan.

Kelenjar pencernaan pada lambung menghasilkan suatu senyawa yang sering disebut sebagai getah lambung. Getah lambung berfungsi untuk mencerna makanan. Pencernaan makanan mulai dari lambung ini dilakukan secara tidak sadar oleh tubuh. Getah lambung terdiri dari asam lambung yaitu HCl, Enzim lipase dan hormon gastrin.

Enzim lipase berfungsi untuk mencerna lemak trigleserida menjadi asam lemak dan gliserol. Hormon gastrin berfungsi mengaktifkan kelenjar-kelenjar pada lambung agar mengeluarkan getah lambung.

Adapun yang menjadi fungsi lambung, diantaranya yaitu:

  1. Menerima makanan dan bekerja sebagai penampung dalam jangka waktu pendek
  2. Memproses dan mengubah protein menjadi pepton
  3. Lemak yang masuk ke dalam tubuh akan mulai dicerna di dalam lambung
  4. Membekukan susu dan mengeluarkan kasein
  5. Semua makanan yang kita konsumsi akan dicairkan dan dicampurkan dengan asam hidroklorida. Jika proses tersebut telah dilakukan, maka usus akan siap mencerna cairan-cairan yang datang dan telah diproses oleh lambung tersebut.

Akan tetapi, jika lambung sudah terluka atau sudah terserang bakteri, maka organ ini tidak akan bekerja atau berfungsi dengan baik dan tentunya akan menimbulkan berbagai penyakit didalam tubuh. Untuk itu, jagalah kesehatan lambung anda mulai dari sejak dini dengan mengetahui cara menjaga kesehatan lambung. Dan bagi anda yang kini menderita sakit lambung anda bisa kunjungi situs resmi kami mengenai pengobatan sakit asam lambung. Terimakasih telah berkunjung. Semoga artikel kami bermanfaat.

[sumber: berbagai sumber]

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *