Efek Samping dari Diet Ekstrim Bagi Kesehatan

Tingkat obesitas yang semakin tinggi di Indonesia membuat masyarakat Indonesia semakin rajin untuk berolahraga, mengingat obesitas adalah awal suatu penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi penyakit lainnya seperti diabetes, jantung, stroke, darah tinggi, dll.

Karena itulah, banyak juga orang yang saat ini melakukan diet. Namun, hati-hatilah jika Anda salah dalam melakukan prosedur diet justru hal tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda juga. Berikut ini hal perlut Anda ketahui mengenai efek samping dari diet ekstrim bagi kesehatan.

Efek Samping dari Diet Ekstrim Bagi Kesehatan

efek-samping-dari-diet-ekstrim-bagi-kesehatan

Mudah lelah dan mood swing
Karena diet, kamu cenderung untuk mengurangi kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Akibatnya kamu jadi mudah lelah, mudah marah, dan sulit mengontrol nafsu makan. Hasilnya, kamu juga akan mengalami mood swing.

Metabolisme melambat
Saat asupan kalori menurun, tubuh akan mengalami defisit kalori dan tingkat energi menurun. Hal ini menyebabkan metabolisme dan timbul masalah kesehatan yang baru.

Mempengaruhi kesehatan pencernaan
Saat diet Anda pasti akan membatasi beberapa makanan yang mengandung serat dan cukup air sehingga berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Hal ini berimbas dengan munculnya sembelit dan kembung.

Mempengaruhi kerja empedu
Ketika asupan kalori berkurang, hal ini akan merugikan fungsi kantong empedu yang mengarah ke pembentukan batu empedu.

Kekurangan gizi
Dalam proses diet, selalu ada kecenderungan untuk mengurangi karbohidrat dan beberapa jenis lemak. Dan hal ini akan berujung dengan munculnya penyebab kekurangan gizi.

Diet memang boleh dilakukan, hanya saja Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi harian Anda, jangan sampai Anda justru malah kekurangan nutrisi dan gizi penting dalam tubuh Anda yang menyebabkan Anda mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *