Daun Nangka Yang Penuh Khasiat Untuk Kesehatan Tubuh

Buah nangka adalah salah satu buah yang memiliki aroma harus yang menyengat, buahnya yang terasa manis sering kali dikonsumsi dan juga dijadikan bahan dalam membuat makanan dan inuman seperti es campur, kue nangka, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Buah nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minuman.

Khasiat Dan Manfaat Daun Nangka Bagi Kesehatan

manfaat daun nangka
Perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya buahnya saja yang enak untuk dikonsumsi tapi juga daun nangka mempunyai khasiat bagus sebagai pengobatan herbal. Tumbuhan nangka atau nama ilmiahnya Artocarpus heterophyllus telah sejak lama digunakan dalam dunia pengobatan herbal.

Daun nangka mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat. Salah satunya kandungan antioksidan dimana kandungan ini dikenal sebagai pencegah penuaan dini, kalium juga adalah kandungan yang ada pada daun nangka yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang. Dan yang lebih istimewanya yaitu terdapat senyawa aktif yang berguna untuk menurunkan kadar sel kanker dalam tubuh. Berikut ini sedikit penjelasan tentang manfaat daun nangka bagi kesehatan:

Sebagai anti kanker

Manfaat yang hebatdari daun nangka ini adalah sifat anti kankernya. dengan sifat tersebut Anda bisa mencegah kanker dengan menggunakan daun nangka. Bahkan menurut beberapa sumber, Anda bisa memadukan antara daun nangka dengan daun sirsak sebagai penyembuhan kanker.

Mengangkat sel-sel kulit mati

Daun nangka juga bermanfaat untuk kecantikan. Anda bisa mengolah daun nangka ini sebagai masker. Daun nangka ini dipercaya bisa menyembuhakan jerawat, dengan cara:

  • Pertama cuci wajah Anda sampai bersih lalu keringkan dengan menggunakan handuk.
  • Siapkan 6-9 lembar daun nangka yang kering dan bersih.
  • Cuci daun nangka tersebut dan remukan dengan tangan.
  • Tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit air.
    lalu aduk sampai merata dan oleskan masker tersebut pada wajah yang berkejerawat.
  • Diamkan sekiatar 20 menit dan setelah kering bilas dengan air dingin.

Tinggi Kalsium

Daun nangka mempunyai kalisum yang cukup tinggi oleh sebab itu daun nangka ini sangat bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.

Anti diabetes

Daun nangka sebagai daun yang dapat mencegah penyakit diabetes. Kandungan senyawa dalam daun ini akan membantu kadar gula dalam darah Anda lebih seimbang dan tidak memicu diabetes.

Cara pengolahannya:

  • Siapkan 10 lembar daun nangka yang matang.
  • Rebus dengan air satu setengah liter.
  • Didihkan sampai sekitar 70 derajat celcius.
  • Setelah itu tuangkan air rebusan tersebut pada gelas, jangan lupa untuk menutupnya agar uapa air daun nangka tersebut tidak keluar.
  • Setelah dingin barulah Anda minum.
  • Minumlah 3x sehari setiap setengah jam sebelum makan.

Mencegah penuaan dini

Antioksidan yang ada pada daun nangka mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

Mengobati bisul

Daun nangka juga bagus dalam mengobatai bisul Caranya adalah dengan membakar daun nangka yang telah kering, kemudian arangnya campurkan dengan kapur sirih, dan minyak kayu putih. Lalu oleskan pada kulit yang memiliki bisul.

Daun nangka juga sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya apabila Anda merasakan manfaat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *