Dampak Positif & Negatif Minuman Isotonik Bagi Tubuh

Pada dasarnya tubuh manusia membutuhkan asupan minimal 2 liter air setiap hari. Namun di daerah tropis seperti Indonesia, tubuh biasanya bisa kehilangan 2-3 liter air perharinya. Oleh karena itu kita membutuhkan air secara terus-menerus. Salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan meminum minuman isotonik.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Adapun hal yang membedakan antara minuman isotonik dengan air putih. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan rehidrasi minuman isotonik bisa mencapai 73% berbeda dengan air putih yang hanya bisa mencapai 65%. Lantas adakah dampak positif & negatif minuman isotonik bagi tubuh?

Dampak Positif & Negatif Minuman Isotonik Bagi Tubuh

Dampak Positif & Negatif Minuman Isotonik Bagi Tubuh

Mengembalikan cairan tubuh yang hilang
Saat Anda melakukan aktifitas berat seperti olahraga, maka cairan tubuh akan lebih cepat menghilang melalui pori-pori keringat. Maka dari itu, untuk mengembalikan cairan tersebut, Anda bisa mengonsumsi minuman isotonik. Maka tak heran, banyak sekali atlit yang minum minuman isotonik sehabis olahraga.

Cepat menghilangkan rasa haus
Kandungan elektrolit pada minuman isotonik dapat membantu menyimpan cairan didalam tubuh lebih baik dari air biasa, sheingga ampuh dalam menghilangkan rasa haus.

Melembabkan kulit
Bagi Anda yang memiliki kulit kering akibat kekurangan asupan natrium dan cairan. Untuk mengatasinya yaitu minumlah minuman isotonik yang memang memiliki kemampuan untuk menggantikan cairan yang hilang. Hal ini bisa membantu Anda dalam melembabkan kulit sehingga kulit terasa lebih lembut dan sehat.

Melancarkan pencernaan
Masalah pencernaan yang sering dialami oleh berbagai usia yaitu sembelit atau susah BAB, hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan cairan dalam tubuh sehingga feses mengalami pengerasan. Untuk mengatasinya minumlah air putih atau minuman isotonik yang mampu membantu Anda dalam memberikan asupan cairan lebih banyak pada tubuh sehingga pembuangan feses tidak terganggu.

Memulihkan kondisi tubuh
Cairan tubuh berperan sebagai penghantar oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh. Maka dari itu, cairan sangat penting dalam masa pemulihan tubuh setelah terserang penyakit. Baiknya pendistribusian oksigen dan nutrisi yang optimal tentunya dapat membantu tubuh meregenerasi sel dengan lebih baik dan cepat.

Diserap tubuh dengan cepat
Minuman isotonik mampu diserap oleh tubuh dengan cepat karena minuman ini memiliki kadar atau jumlah osmolaritas yang sama dengan darah. Osmolaritas yaitu konsentratsi suatu larutan di dalam seliter air yang ditinjau berdasarkan jumlah partikelnya. Osmolaritas dinyatakan dengan satuan osmo/L. Karena minuman ini kaya akan elektrolit dan garam makan akan sangat ideal apabila diminum ketika sedang atau telah berolah raga.

Membantu menyembuhkan diare
Seseorang yang mengalami diare, ia akan sangat mudah dehidrasi. Biasanya, penderita diare akan dianjurkan untuk meminum oralit atau cairan yang mengandung gula dan elektrolit. Kandungan elektrolit yang ada pada minuman isotonik hampir sama besar dengan oralit. Oleh karena itu, minuman isotonik juga dapat digunakan untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Jadi itulah dampak positif minuman isotonik bagi kesehatan tubuh, namun dibalik dampak baiknya ternyata minuman ini juga bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

Mempengaruhi gigi dan lambung
Kandungan asam nitrat yang ada pada minuman isotonik dan sifat asam yang erosive bisa mempengaruhi kesehatan gigi serta lambung.

Kepala terasa berat dan pusing
Menurut dokter Kambu dari Persipura minuman isotonik apabila dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan rasa berat pada kepala dan pusing saat beraktifitas.

Pada intinya, apapun yang digunakan atau dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kita. Oleh karena itu, batasi penggunaan atau mengonsumsi sesuatu. Karena hal yang bisa memberikan dampak positif dapat berubah menjadi negatif jika kita tidak menggunakannya secara bijak dan tepat. Semoga info kesehatan ini bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan pengetahuan Anda. Terimakasih dan semoga Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Dampak Positif & Negatif Minuman Isotonik Bagi Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *