Daftar Menu Makanan yang Menjadi Pemicu Sakit Maag

Gastritis atau maag yang berarti peradangan pada lambung apabila tidak segera diatasi akan menyebabkan komplikasi seperti peptic ulcers bahkan kanker lambung. Sakit maag terjadi akibat gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Untuk itu, mari kita kenali beberapa menu makanan yang menjadi pemicu sakit maag. Hal ini bertujuan untuk menghindari dan mencegah kambuhnya sakit maag.

Daftar Menu Makanan yang Menjadi Pemicu Sakit Maag

Menu Makanan yang Menjadi Pemicu Sakit Maag

Minuman Berkafein

Minum kopi berlebihan setiap hari dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Oleh karena itu, ada baiknya anda kurangi konsumsi kopi dan beralih ke teh.

Minuman Beralkohol

Konsumsi bir atau minuman keras dan wine dapat memicu naiknya asam lambung. Namun, ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus yang berhubungan dengan area perut dan ini yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung

Minuman Bersoda

Minuman soda atau berkarbonasi merupakan minuman yang sifatnya asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang dapat membuat perut jadi kembung sehingga membuat kondisi jadi makin tidak nyaman.

Cokelat

Cokelat mengandung kakao, kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Bahkan cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.

Makanan yang di goreng

Gorengan mengandung lemak yang kerap menimbulkan gangguan heartburn yaitu rasa nyeri yang terdapat pada ulu hati.

Makanan Bergas

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat memicu asam dan gas dalam lambung sehingga menyebabkan rasa kembung diperut, seperti: singkong, ubi jalar atau ubi rambat, petai, jengkol, buah langsat, buah nangka.

Makanan Pedas

Makanan pedas dapat merangsang dan meningkatkan eksresi asam yang berlebih sehingga menyebabkan sakit maag.

Makanan Asam

Buah yang mengandung rasa asam akan mudah menambah keasaman pada lambung semakin meningkat. Bukan hanya buah yang asam, buah semangka dan jeruk yang rasanya manis pun dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Hal ini dikarenakan zat asam yang terkandung pada buah tersebut.

Daging yang berlemak

Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karena itu, lebih baik anda kurangi mengkonsumsinya hingga seminggu sekali. Beralihlah juga pilihan daging yang tanpa lemak.

Itulah beberapa jenis menu makanan pemicu sakit maag, adapun obat sakit maag alami yang kami rekomendasikan sebelumnya untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penyakit maag itu sendiri.

| Menu Makanan yang Menjadi Pemicu Sakit Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *