Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung merupakan masalah yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk oleh anak-anak dan bayi. Ketika bayi kita terkena perut kembung, maka dia akan menjadi rewel terus menerus. Kalau bayi anda sering menangis tanpa sebab, bisa jadi ia sedang mengalami perut kembung. Bayi yang masih berusia 4 bulan ke bawah memang rentan terkena perut kembung karena pencernaannya yang belum matang. Sehingga gas mudah berkumpul di lambung dan usus.

Ada banyak penyebab perut kembung pada anak, misalnya karena makanan, minuman, gangguan lambung, dan infeksi lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Berikut ini cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

memijat perut bayi

  • Lakukan Diet Pada Ibu Menyusui

Nyeri perut pada bayi bisa disebabkan oleh akumulasi gas dalam tubuh bayi atau bayi sakit perut kembung dan bahkan masuk angin. Oleh karena itu, ibu yang menyusui akan lebih baik meminimalkan mengkonsumsi asupan makanan yang menyebabkan banyak gas di dalam tubuh seperti biji fenugreek. Memang fenugreek dapat meningkatkan produksi susu selama menyusui, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan efek samping gastrointestinal karena gas berlebihan.

  • Lakukan Pemijatan Pada Bayi

Jika bayi anda sangat rewel dan terlalu lama menangis, cobalah untuk membuat bayi anda bersendawa atau kentut. Gunakan minyak zaitun atau minyak hangat untuk memijat daerah perut bayi anda dan melihat reaksinya apakah dapat membantu bayi kentut atau bersendawa. Anda juga dapat memberikan pijatan lembut di bagian-bagian belakang bayi anda, menepuk punggung dengan lembut. Mengatasi sakit perut bayi anda karena gas dalam perut akan lebih cepat jika bayi sudah bersendawa atau kentut.

  • Mandikan bayi dengan menggunakan air hangat

Mandi air hangat akan membantu untuk menyembuhkan sakit perut pada bayi. Pastikan saat mandi air hangat yang anda gunakan tidak terlalu panas. Biarkan bayi anda duduk dalam bak air hangat selama lima sampai 7 menit.

  • Kompres perut bayi

Mengatasi sakit perut kembung pada bayi dengan kompres panas atau hangat pada perut bayi. Benda yang hangat dapat menyerap rasa sakit dari tubuh bayi atau perut bayi. Tapi harus sangat hati-hati jangan kompres terlalu panas karena kulit bayi sangat sensitif. selain kompres hangat dengan kain, anda juga dapat menaruh botol air hangat di perut bayi. Air hangat dapat dengan mudah digunakan untuk meredakan sakit perut pada bayi.

Itulah beberapa penanganan dini dalam mengatasi sakit perut pada bayi yang aman dan mudah dilakukan oleh para ibu dirumah. Semoga sajian artikel kami bermanfaat.

 

| Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

 

Terimakasih, Salam Sehat Selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *