Cara Mendeteksi Dini Penyakit Dilihat dari Ciri-Ciri Feses

Feses dapat mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Feses adalah sisa dari isi perut yang dapat memberikan informasi tentang adanya masalah pada perut, usus atau bagian lain dari system pencernaan anda. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang menderita penyakit, maka secara otomatis akan diikuti dengan perubahan pada fesesnya, baik bentuk, warna, tekstur dan juga aroma.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Dengan mengetahui lebih dini penyakit yang anda idap, itu menjadi langkah yang sangat baik untuk mendapatkan penangan yang tepat dan cepat. Berikut ini cara mendeteksi dini penyakit dilihat dari ciri-ciri feses.

Cara Mendeteksi Dini Penyakit Dilihat dari Ciri-Ciri Feses

Cara Mendeteksi Dini Penyakit Dilihat dari Ciri-Ciri Feses

  • Berdasarkan warnanya

> Warna hijau menunjukkan adanya masalah pada empedu, infeksi bakteri atau adanya peradangan pada usus. Meski begitu, jangan terlalu kawatir karena warna hijau pada feces juga bisa terjadi jika menjalani gaya hidup vegetarian.
> Merah menunjukkan adanya perdarahan pada usus atau daerah sekitar anus, misalnya penyakit ambeien, polip, dan lainnya.
> Hitam menunjukkan adanya perdarahan pada lambung atau tenggorokan
> Putih menunjukkan adanya masalah kesehatan pada hati, misalnya: penyakit hepatitis.

  • Berdasarkan bentuknya

Feses yang sehat memiliki bentuk silinder dan teksturnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak serta tidak menyebabkan sakit ketika dikeluarkan. Oleh karena itu segera waspadai jika bentuk feses anda mencurigakan, misalnya: seperti kotoran kambing yang menunjukkan Anda menderita kanker kolon, mencret yang menunjukkan adanya masalah intoleransi usus.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Salam Bagi Kesehatan

  • Feses berlendir atau berminyak

Kondisi ini menunjukkan bahwa tubuh anda tidak bisa menyerap lemak dengan sempurna dan bisa jadi merupakan indikasi penyakit pankreas.

  • Mengeluarkan Bau Busuk

Hal ini perlu diwaspadai apalagi bila diiringi dengan warna feses yang kemerahan atau kehitaman. Untuk memastikannya segeralah lakukan pemeriksaan secara medis.

  • Konstipasi atau sembelit yang tak kunjung sembuh

Ini disebabkan oleh kurang serat, kurang minum, konsumsi obat-obatan tertentu dan kurang berolahraga. Namun jika semua solusi sudah dilakukan, namun konstipsi tak juga sembuh, segera periksakan ke dokter karena bisa jadi ada masalah dalam pencernaan anda.

  • Diare yang tak kunjung sembuh

Disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan virus. Segera waspadai jika diare tak kunjung sembuh hingga berhari-hari lamanya, karena bisa jadi itu merupakan adanya gangguan serius, misalnya: penyakit crohn, iritasi usus, dan lain sebagainya. Segera periksakan ke dokter agar segera dilakukan upaya medis yang tepat.

Jadi tidak hanya dari kencing saja, ternyata feses dapat mengindikasi adanya penyakit serius yang anda alami. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah menyimak artikel kami.

| Cara Mendeteksi Dini Penyakit Dilihat dari Ciri-Ciri Feses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *