Bahaya Sakit Lambung Saat Hamil

Banyak wanita hamil menderita nyeri pada ulu hati karena sakit maag, hal ini menjadi peringatan dan perhatian karena hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa obat yang digunakan untuk menekan timbulnya asam lambung yang dikonsumsi ibu hamil ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya asma pada bayi. Maka dari itu, kita dibutuhkan solusi pengobatan yang benar-benar aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin.

Penyebab Dari Sakitnya Ulu Hati Saat Hamil

Nyeri ulu hati adalah masalah umum yang dialami wanita selama kehamilan. Ibu hamil biasanya merasakan merasakan sensasi terbakar di sekitar dada. Keluhan tersebut terjadi selama beberapa bulan di awal kehamilan atau bahkan sepanjang kehamilan. Nyeri ulu hati selama kehamilan disebabkan peningkatan sekresi hormon wanita, progesteron. Peningkatan hormon ini dapat mengendurkan katup antara perut dan kerongkongan.

Gejala Sakit Lambung Saat hamil

maag saat hamil
Bahaya maag saat hamil
  • Rasa nyeri seperti terbakar menjadi tanda yang paling umum dari tukak lambung. Rasa sakit dari ulkus peptikum itu dirasakan dari tulang dada hingga ke pusar anda. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa menit atau beberapa jam serta bisa datang dan pergi begitu saja. Serangan ini akan menjadi lebih buruk pada malam hari atau saat perut anda kosong. Anda bisa mencari bantuan dengan makan makanan atau meminum obat yang bisa mengurangi asam dalam perut.
  • Muntah darah dan asam dari perut merupakan tanda pasti dari ulkus lambung, Jika sampai seperti ini anda harus segera periksa ke dokter
  • Mual dan muntah menjadi tanda maag. Muntah sering terjadi untuk meringankan rasa mual yang dialami penderita tukak lambung
  • Lihatlah kotoran anda. Tinja penderita tukak lambung bisa berwarna hitam atau seperti berdarah. Maag yang berdarah dan tidak diobati bisa menyebabkan anemia dan komplikasi lainnya.

Bahaya Sakit Lambung Saat Hamil

Penyakit maag sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya, tapi dapat membahayakan kalau tidak disiplin dalam hal pola makan. Penderita maag boleh saja hamil tapi pilih obat maag yang aman untuk janin karena ada obat maag tertentu yang tidak boleh diminum oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan perdarahan, keguguran.

Agar maag tidak kambuh, pola makan harus diataru menjadi lebih baik dan disiplin, yang penting lambung itu terisi meskipun sedikit tapi sering (small frequent meal). Hindari makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas, kopi (kafein), makanan pemicu gas seprti nangka, kol. Sebelum merencanakan kehamilan, obati terlebih dahulu penyakit maag. Untuk maag ringan penyembuhan berkisar 1 – 1,5 bulan. Kalau maag disebabkan karena bakteri tertentu maka harus diobati dengan antibiotik.

Resiko yang bisa ditimbulkan pada janin:

  • Keguguran
  • Pertumbuhan janin terganggu
  • Kecacatan pada janin
  • Bayi meninggal jika infeksinya cukup parah.

Maka dari itu, penting untuk para ibu hamil yang memiliki riwayat sakit maag mengetahui bahaya sakit lambung saat hamil. Karena bertujuan untuk selalu mewaspadai perkembangan janin yang dikandung bilamana asam lambung kambuh secara mendadak.

| Bahaya sakit lambung saat hamil

Pengobatan sakit asam lambung

18 comments

  1. Dok saya hamil 4 bulan 2 mggu…tpi knpa sya jarang mntah….pernah lgi dok jam 2 mlam …bgian hti saya skit nya mnta ampun….trus stlah tu mknan yg saya mkn kluar smua ….dok…bahaya gk tu dok?

    1. kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda. Nyeri di bagian hati bisa diakibatkan adanya gangguan pencernaan seperti maag, dsb. Sebaiknya diperiksakan dulu secara medis.

  2. Dok saya hamil 5 bulan,perut atas sebelah kiri sering sekali sakit seperti terbakar,,kira-kira berbahaya gak ya dok. Untuk janin saya,,???

    1. mungkin itu gejala asam lambung (heart burn), untuk memastikannya kami sarankan untuk periksakan kandungan anda pada dokter kandungan. Dan untuk mengatasinya anda bisa dengan mengkonsumsi jelly gamat gold-g yang aman dikonsumsi untuk ibu dan janin.

  3. Dok, barusan ulu hati saya sakit skli seperti ditusukĀ² jarum & terbakar, apakah gejala maag saya kumat dok? Saya sdg hamil 3bln, obat maag apa yg aman buat ibu hamil selain gamat gold G, mksh dok

    1. sebelumnya, mohon maaf bu, saya bukan seorang dokter. saya hanya seorang ditributor obat herbal jelly gamat gold-g yang dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk pada gejala yang ibu sebutkan tadi. Gold-g ini aman dikonsumsi oleh semua usia termasuk ibu hamil dan janin karena di buat dari bahan dasar alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping dan sudah banyak kesaksian dari konsumen kami yang sembuh berkat mengkonsumsi jelly gamat gold-g. Terimakasih

      1. Maaf dok untuk mendapatkan jelly gamat gold-g gimana ya? Saya bisa order dimana ?
        Karna sudah 2minggu ini asam lambung saya tak kunjung sembuh , sudah kedokter kandungan pun hanya menghilangkan nyeri bukan menyembuhkan , saya pun sedang hamil 3bulan dok?? Apakah ini hanya bawaan ya saja ? Atau memang sudah parah maag saya ? Mohon pencerahan ya ?

        1. Saat ini produk jelly gamat gold-g sedang kosong mbak dan kini beralih ke produk QnC Jelly Gamat, khasiat dan bahan utamanya sama dibuat dari teripang dan keamanannya pun sama (aman dikonsumsi untuk semua kalangan termasuk ibu hamil dan menyusui). Bila ibu berminat, silahkan pesan disini saja dengan mengirimkan format pemesanan bisa dengan melalui SMS, atau BBM, berikut dibawah ini contoh format pemesanannya

          Kode Produk (SLGG) : Jumlah Pesan : Nama : Alamat Lengkap : no hp

          Kirim ke : 085.316.695.777 atau PIN BB 295F9371

          contoh :

          SLGG :9 botol : Shahila nurul awal : Jl.Dewi Sartika no.56 Kel.Jalima Kec.Puruk Cahu Kab.Tenggarong KALSEL : 085.223.944.949

          #SLGG adalah kode produk yang harus dicantumkan dalam setiap pemesanan untuk memudahkan admin kami dalam proses pemesanan Anda.

  4. Dok saya sedang hamil muda tapi saya sering sakit ulu hati bdn saya lemas dan sudah dua kali muntah darah itu semua trjadi setelah saya makan nanas apa pnybab saya munth darah itu nanas dan apa janin saya akan baik” saja

    1. Bila kehamilan anda masih ditahap trimester pertama, kami sarankan untuk tidak mengkonsumsi nanas, bila memang benar benar ingin mengkonsumsinya, anda dapat mengkonsumsinya setelah melalui trimester pertama dengan jumlah yang terbatas dan pilihlah buah nanas yang benar-benar matang. Hal ini karena nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingg dikhawatirkan apabila dikonsumsi secara berlebihan, kandungan anda akan mengalami gangguna kehamilan. Dan kebanyakan orang memilih untuk tidak mengkonsumsi buah nanas ketika mereka hamil muda.

    1. ya mbak, pada sebagian ibu hamil memang sering mengeluhkan seperti itu. Namun alangkah baiknya, ibu tetap harus mencukupi asupan nutrisi harian supaya janin yang ibu kandung tetap sehat. Ibu juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan penambah nafsu makan dan mengurangi masalah kesehatan selama kehamilan seperti, morning sickness atau muntah-muntah, maag, mual, dll dengan mengkonsumsi suplemen QnC Jelly Gamat.

  5. Dok. Istri saya hamil muda 2 minggu. Dan sering merasa sakit di bagian bawa dada dok. Atau juga disebut dengan uluh hati. Tolong dok minta infonya. Dan cara mengatasinya dok. Makasih bnyak sblumnya

    1. Anda bisa memberikan pengobatan herbal dengan mengonsumsi obat herbal qnc jelly gamat. Untuk mengobati rasa sakit pada ulu hati istri Anda

  6. Permisi dok,saya mau nanya,ibu saya baru hamil 5 minggu.setelah itu ibu saya mual2..lalu muntah dan BAB mengeluarkan darah..sudah di cek ke dokter dan dokter bilang tidak apa2..setelah minum obat darah nya memang sudah tidak keluar lagi.. namun ibu saya merasakan sakit atau nyeri di lambung kata nya.. pas di bwah dada,dan juga kadang2 merasa sesak nafas,itu bagaimana ya dok?parah?

    1. Sebelumnya mohon maaf bu, saya bukan dokter. Saya hanya sebagai admin web untuk memberikan informasi seputar kesehatan yang didapat dari berbagai sumber dan sebagai seorang distributor obat herbal multikhasiat.
      Umumnya, tidak sedikit wanita yang mengalami masalah kesehatan seperti mual muntah, sakit lambung, infeksi saluran kemih, darah tinggi, dll. Untuk memastikannya ibu bisa bertanya dan berkonsultasi pada dokter atau bidan terdekat. Selain itu, ibu juga bisa meredakan gejala serta mengobati gangguan selama hamil dengan herbal QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti aman untuk ibu hamil, legal, dan HALAL. Khasiatnya sangat baik untuk ibu hamil seperti mengurangi sakit di lambung, meningkatkan nafsu makan, menguatkan rahim, dll. Jika ibu berminat, ibu bisa memesannya disini sebagai alternatif pengobatan alami sesak napas akibat masalah lambung selama kehamilan.

  7. Dok, saya mau tanya saya hamil 21 minggu tiap malam kepala saya pusing mungkin migren kambuh trus asam lambung jg kumat tpi gak terlalu skit, mual muntah…
    Kencing jg skit… Waktu usia kehamilan 19 minggu kencing saya berwarna merah…
    Bagaimana dok…

    1. Sebelumnya mohon maaf bu, saya bukan dokter. Saya hanya sebagai admin web untuk memberikan informasi seputar kesehatan yang didapat dari berbabagi sumber dan sebagai seorang distributor obat herbal multikhasiat. Mengenai keluhan yang sedang ibu alami saat ini, sebaiknya ibu konsultasi dan periksakan diri pada dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat dan tahu solusi yang tepat untuk masalah yang sedang dihadapi. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *