Bahaya Makan Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Waktu makan biasanya makan pagi atau sarapan, makan siang dan makan malam. Nah, untuk aturan makan malam sebaiknya dilakukan minimal 2 jam sebelum tidur. Kenapa harus demikian? Karena, pada waktu malam kita makan, setelah makan tubuh kita mengeluarkan asam lambung untuk mencerna makanan tersebut selama 2 jam. Jika kita belum sampai 2 jam setelah makan kita langsung tidur dengan posisi terbaring, maka akan menyebabkan asam lambung keluar atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disorder).

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Bahaya makan sebelum tidur bagi kesehatan juga dapat menimbulkan berbagai penyakit metabolisme lain. Ini dia beberapa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Makan Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

bahaya makan sebelum tidur

  • Obesitas

Makanan dan cemilan yang masuk kedalam tubuh memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Ketika makanan yang mengandung kalori tinggi masuk kedalam tubuh, namun tidak ada aktivitas yang dilakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Kalori yang tidak terbakar ini yang kemudian menjadi lemak, akan sangat mempengaruhi kondisi berat badan. Bisa dipastikan berat badan akan semakin meningkat drastis apabila mengkonsumsi makanan pada malam hari sebelum tidur.

  • Diabetes

Salah satu penyebab diabetes dikarenakan oleh terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga bagi anda yang memiliki kebiasaan ngemil makanan ringan atau berat setiap malam sebelum tidur, bersiaplah untuk terkena penyakit diabetes yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi karena gaya hidup tidak sehat ini.

  • Serangan jantung

Seperti halnya diabetes, serangan jantung juga disebabkan oleh terjadinya penumpukan lemak dan hal ini memicu risiko terjadinya penyumbatan bagian-bagian pembuluh darah. Dengan demikian, hal ini dapat memicu seseorang mengalami serangan jantung.

  • Heart burn atau dada terasa sesak dan panas

Ketika sedang istirahat atau tidur, sebenarnya sistem pencernaan justru bekerja lebih keras. Jika Anda langsung tidur sesudah makan maka organ pencernaan akan bekerja dua kali lipat. Ini menimbulkan  kadar asam pada lambung akan meningkat dan menjadi penyebab sakit maag. Gejala ini juga dapat mengakibatkan rasa panas yang terjadi pada perut, dada dan tenggorokan. Selain rasa panas terkadang anda akan merasakan yang namanya sesak baik di bagian dada atau perut ketika anda bangun dari tidur.

  • Terkena stroke

Kebiasaan tidur setelah makan juga dapat memicu anda terkena penyakit stroke. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Ioannina, Yunani, mengungkap bahwa perilaku tidur setelah makan akan meningkatkan risiko mengalami serangan stroke. Berdasarkan penelitian ini, orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur memiliki risiko paling rendah mengalami stroke.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Minum Air Garam Hangat Di Pagi Hari

Setelah anda membaca bahaya makan sebelum tidur diatas, semoga anda menghindari hal-hal tersebut dan mulai menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang. Ingat, kesehatan adalah aset yang paling penting dan paling mahal harganya. Maka dari itu, jagalah kesehatan anda.

| Bahaya Makan Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *