Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Banyak

Jika anda termasuk orang yang senang dengan makanan pedas maka rasanya kurang mantap bila sajian diatas meja kurang pedas. Cabai memang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, tahukah anda bahwa makanan yang berbahan pedas itu justru tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi terlalu sering dan banyak. Mengapa demikian? Berikut ini bahaya makan makanan pedas terlalu banyak.

Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Banyak

bahaya makanan pedas

  • Pemicu Gastritis atau Maag

Maag sering disebabkan oleh suatu bakteri yang menginfeksi lambung, namun dengan terlalu banyak makan cabai pun dapat menjadi salah satu penyebabnya. Karena, makanan pedas dipercaya dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung. Lapisan ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung.

Baca Juga: Pengobatan Sakit Asam Lambung

  • Pemicu refluks asam lambung

Refluks adam lambung kronis dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti kanker esophagus, pneumonia dan gigi rusak karena asam lambung. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bagi anda yang memiliki riwayat sakit asam lambung disarankan untuk menghindari pemicu naiknya asam lambung seperti misalnya mengkonsumsi makanan pedas ini.

  • Insomnia

Tidak hanya kafein saja yang dapat mencegah rasa kantuk, ternyata mengkonsumsi makanan pedas juga dapat menimbulkan kesulitan tidur. Hal ini terjadi, karena setelah memakan makanan pedas maka suhu tubuh akan naik (itu sebabnya kita berkeringat setelah memakannya) sementara itu, tubuh perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Supaya lebih mudah tidur, hindari makanan pedas ketika menjelang waktu tidur.

  • Menurunnya indera pengecapan

Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa maka hanya sedikit merasakan pedas. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam dan pahit. Menurunnya indera pengecapan ini tidak jauh berbeda pada berkurangnya pendengaran orang berada dilingkungan bising, keduanya mempunyai akibat yang permanen.

Baca Juga: Manfaat Posisi Tidur Miring Ke Kiri Bagi Kesehatan

  • Sakit perut dan diare

Ini terjadi diakibatkan oleh adanya iritasi pada organ pencernaan karena makanan pedas. Meskipun sifatnya akut dan tidak persisten tetapi ini merupakan suatu tanda bahwa kita sudah kelebihan makanan pedas.

Itulah beberapa bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, semoga kita bisa lebih peduli kesehatan kita dan menghindari segala bentuk pemicu dan penyebab masalah pada kesehatan kita.

| Bahaya Makan Makanan Pedas Terlalu Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *