Apa Saja Manfaat Sehat Mengonsumsi Buah Kersen?

Ini dia manfaat sehat mengonsumsi buah kersen. Selain rasanya yang manis, ternyata buah liar ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Sehingga, tidak heran banyak orang yang mencari buah liar yang satu ini.

Buah kersen atau buah talok memliki nama latin Mungingia Calabura L, berukuran kecil, berwarna hijau saat muda dan merah cerah saat matang dan memiliki rasa yang manis.

Baca Juga: Manfaat Makan Kerupuk Kulit Untuk Kesehatan

Buah kersen memiliki kandungan yang banyak, seperti kandungan mineral, lemak, protein, kalsium, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1, vitamin C, karotin, Niacin, dan Riboflavin. Maka tidak heran, buah yang satu ini sering digunakan sebagai pengobatan alami.

10 Manfaat Sehat Mengonsumsi Buah Kersen

10 Manfaat Sehat Mengonsumsi Buah Kersen

  • Memiliki sifat antibakteri

Dengan adanya sifat antibakteri pada buah kersen ini sehingga, buah liar ini mampu melawan bakteri jahat di usus, sepsis, staph dan difteri.

  • Kaya vitamin C

Vitamin C pada buah kersen mencapai 150mg. Karena inilah, kersen menjadi salah satu buah-buahan sumber antioksidan melawan radikal bebas.

  • Meredakan asam urat dan encok

Nyeri sendi dan tulang yang disebabkan oleh tingginya asam urat ini bisa diredakan dengan makan 9-12 buah kersen 3 kali sehari. Lebih banyak lebih baik.

  • Mengobati sakit kepala

Buah kersen berperan untuk membantu melancarkan peredaran darah, membuat rileks pembuluh darah. Sehingga otot saraf tidak tegang dan baik untuk meredakan sakit kepala.

  • Bagus untuk penderita diabetes

Buah kersen yang memiliki rasa manis ini justru memberikan dampak baik untuk penderita diabetes, karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Memiliki kandungan nutrisi sehat

Cara mengonsumsi kersen yaitu langsung dimakan tanpa membuka kulitnya terlebih dahulu. Kersen mengandung serat tinggi, kaya vitamin C, protein, kalsium, fosfor, karbohidrat dan vitamin B kompleks.

  • Mencegah kanker

Buah manis ini dapat membantu memenuhi kebutuhan antioksidan, sedangkan daunnya bisa membantu memperkuat antioksidan hingga tarag mencegah kanker.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan nitrat oskida pada buah kersen menjadi senyawa alami dalam membuat pembuluh darah rileks sehingga peredaran darah lancar.

  • Menjaga kesehatan jantung

Teh yang dibuat dari kersen memiliki banyak kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang ampuh menjaga pembuluh darah lancar dan menjaga kesehatan jantung.

  • Melancarkan pencernaan

Buah kersen bagus untuk melancarkan pencernaan dan memperbaiki masalah pencernaan. Selain itu, makan buah kersen juga bagus untuk Anda yang mengalami masalah kesehatan seperti diare misalnya.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Jadi, itulah 10 manfaat mengonsumsi buah kersen bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Manfaat Sehat Mengonsumsi Buah Kersen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *