6 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut dalam Keadaan Kosong

Saat kita terbangun dari tidur, kondisi perut masih kosong karena semua makanan yang kita konsumsi sudah dicerna pada malam hari. Perut yang kosong tersebut akan bersifat sangat asam, jika kita mengisinya dengan makanan atau zat-zat yang bersifat asam maka efeknya adalah iritasi. Jadi, Anda mesti benar-benar memperhatikan tentang jenis makanan apa yang tepat dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Jangan asal kenyang, atau asal makan.

Penting untuk memulai kebiasaan yang kita lakukan karena akan mempengaruhi mood serta energi yang digunakan sepanjang hari. Oleh karena itu, sarapan adalah sesuatu yang sangat penting. Oleh karena itu, mari kita kenali 6 hal yang harus dihindari saat perut dalam keadaan kosong.

6 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut dalam Keadaan Kosong

6 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut dalam Keadaan Kosong

Makan buah pisang
Buah pisang mengandung kalsium dan magnesium, apabila dikonsumsi saat perutmu kosong maka akan meningkatkan level magnesium dalam tubuh secara drastis dan mengakibatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, mengkonsumsi pisang sebelum perut terisi makanan lain juga bisa menyebabkan perut terasa sakit.

Makanan pedas
Kebanyakan orang Indonesia memang menyukai makanan pedas. Tetapi, mengonsumsi makanan pedas di pagi hari saat perut kosong dapat mengakibatkan maag dan sakit perut karena asam dalam makanan tersebut. Meski makanan pedas memang enak dan menambah nafsu makan, sebaiknya dihindari saat perut Anda dalam keadaan kosong.

Minuman bersoda
Jika Anda meminum minuman bersoda saat perut kosong, hal ini bisa membahayakan lambung Anda. Minuman bersoda mengandung asam yang bisa bercampur dengan asam lambung pada perutmu. Sehingga, jika hal ini sampai terjadi, maka akan menimbulkan mual dan iritasi pada usus.

Ngopi dan ngeteh
Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan orang dipagi hari adalah minum kopi atau ngeteh. Padahal hal ini bisa menyebabkan ketidak seimbangan hormon, apalagi biladikonsumsi saat perut kosong. Apabila hormon dalam tubuh tidak seimbang, maka Anda akan mudah merasa stress. Oleh karena itu, lebih baik minum susu atau air putih hangat dipagi hari.

Berolahraga
Pagi hari memang waktu yang tepat buat berolah raga. Tetapi, sebaiknya kamu menghindari aktivitas berat saat perutmu kosong atau belum makan. Olah raga saat perut kosong hanya akan membakar otot, bukan lemak.

Minum obat
Jika Anda mengonsumsi obat dalam keadaan perut kosong, hal ini bisa menyebabkan iritasi pada dinding perut. Obat yang Anda minum bisa menambah keasaman dalam lambuung. Oleh karena itulah, selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi obat setelah makan.

Itulah 6 kebiasaan yang harus dihindari saat perut kosong. Semoga info ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat dan sehat selalu!

 

| 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut dalam Keadaan Kosong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *