3 Alasan Anda Harus Makan Makanan Fermentasi

Zaman sekarang ini, makanan fermentasi menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Contoh makanan yang difermentasi dan telah diakui menjadi makanan tersehat didunia yaitu kimchi. Kimchi merupakan makanan khas korea selatan yang dapat menyehatkan. Sebenarnya, makanan fermentasi sudah ada sejak ribuan tahun, tetapi hanya sedikit orang yang mengetahui akan manfaatnya bagi kesehatan.

3 Alasan Anda Harus Makan Makanan Fermentasi

Salah satu manfaat besar dari makanan terfermentasi adalah kandungan bakteri baik dan kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan usus yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Organ usus adalah bagian utama dari sistem kekebalan tubuh kita, apabila usus tidak sehat maka dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, tidak hanya gangguan pada pencernaan.

Baca Juga: Obat Asam Lambung

Apakah anda tahu bahwa sekitar 90% serotonin kita dibuat dalam sistem pencernaan? Serotonin memainkan peran penting dalam regulasi suasana hati, tidur, belajar dan penyempitan pembuluh darah. Jadi, merawat sistem pencernaan kita dapat berdampak positif bagi kualitas hidup kita.

Maka dari itu, disini saya ingin berbagi beberapa manfaat makan makanan fermentasi bagi kesehatan. Berikut ini dia alasan kenapa anda harus makan makanan fermentasi.

Manfaat Makan Makanan Fermentasi Bagi Kesehatan

  • Dapat menyehatkan sistem pencernaan dan usus

Makanan fermentasi dapat membuat keseimbangan rasio bakteri baik dan buruk dalam usus. Mereka juga memiliki kemampuan yang unik untuk menyeimbangkan produksi asam lambung. Apabila produksi asam klorida oleh perut rendah atau tinggi, makanan terfermentasi dapat membantu meningkatkan atau menurunkan keasam cairan lambung.

  • Proses fermentasi membuat makanan lebih mudah dicerna

Beberapa makanan seperti kacang, susu, dan sayuran sulit bagi tubuh untuk dicerna. Tindakan fermentasi dimulai pemecahan komponen yang membuat pencernaan sulit. Misalnya, seseorang yang mengalami kesulitan mencerna susu bisa berespon baik dengan kefir karena itu difermentasi dan hampir 100% bebas laktosa setelah bakteri memiliki dimetabolisme gula susu. Sama berlaku untuk kubis. Asinan kubis jauh lebih mudah untuk mencerna karena proses fermentasi memecah karbohidrat.

  • Meningkatkan ketersediaan nutrisi alami

Bakteri dan enzim dalam usus adalah apa yang membantu memecah makanan menjadi bentuk yang tubuh kita dapat menggunakan. Banyak makanan yang difermentasi kaya aktivitas enzim yang meningkatkan proses ini dan meningkatkan gizi tubuh kita menyerap.

Adapun beberapa jenis makanan terfermentasi diantaranya yaitu: Tempe, asinan kubis, kimchi, kombucha, kefir, yoghurt, natto, dan miso. Anda tidak perlu makan semuia makanan fermetnasi untuk mendapatkan manfaatnya, cukup pilih salah satu dari mereka.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Ketika membeli makanan terfermentasi, pastika bahwa mereka lactofermentasi dan disimpan dibagian toko berpendingin. Item yang rak-stabil (seperti beberapa varietas asinan kubis) telah acar menggunakan cuka atau dipasteurisasi dan kaleng, yang membunuh banyak bakteri baik yang Anda inginkan.

Jadi itulah manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi makanan terfermentasi bakteri baik. Semoga bermanfaat dan semoga selalu sehat. Aamiin

| 3 Alasan Anda Harus Makan Makanan Fermentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *